Tips Membuat Rumah Tahan Gempa

Indonesia merupakan salah satu negara yang tingkat rawan bencana nomor 12 di dunia. Tidak heran banyak sekali setiap tahunnya terjadi bencana alam seperti banjir, tanah longsor dan gempa. Khusus untuk yang memiliki properti rumah, ada tips membuat rumah tahan gempa dengan struktur bangunan yang kokoh.

Baru-baru ini di Indonesia sudah banyak rumah yang hancur karena gempa. Umumnya dari rumah tersebut terbuat dari bahan bangunan yang tidak memenuhi standar untuk menahan gempa.

Pentingnya ketika membuat properti baru atau melakukan renovasi properti khususnya rumah untuk mencari yang tahan terhadap gempa. Hal ini demi menjaga keamanan isi penghuni rumah dan saat terjadi gempa besar di atas 6.0 sr rumah tidak mengalami kerusakan yang parah.

Banyak tips membuat rumah tahan gempa dan membuat properti yang di tempati aman untuk jangka waktu yang lama. Apabila kamu berada dilintasan jalur gempa wajib berinvestasi dengan menggunakan beberapa bahan bangunan yang kuat.

struktur rumah tahan gempa

Banyak komponen dari material yang mampu menahan gempa dalam kekuatan tinggi. Namun hal itu juga di imbangi dengan biaya bahan material yang juga besar.

Untuk mewujudkan rumah impian anti gempa memang perlu mengeluarkan budget yang ekstra namun nantinya rumah tersebut bisa bertahan hingga ratusan tahun.

Tips membuat rumah tahan gempa

Apa yang wajib digunakan untuk menahan gempa pada properti bangunan khususnya rumah tinggal tunggal atau perumahan.

Yang mana kamu perlu memperhatikan beberapa standar utama dari proses pembangunan rumah.

Di mana standar tersebut meliputi dari bahan bangunan yang sedang digunakan dari apa saja, struktur beton kedalaman saat pematokan rumah dan struktur dari pengecoran.

Hal itulah yang wajib diperhatikan agar rumahmu bisa tahan dari gempa ketika suatu saat terjadi gempa di lokasi tempat tinggalmu.

Sebab gempa merupakan bencana alam yang memang tidak dapat di prediksi oleh manusia, tapi bisa di minimalisir terutama untuk kerusakan dari sisi properti tempat tinggal.

Apa saja yang wajib harus ada di rumah tahan terhadap gempa. Kamu bisa cek tips membuat rumah tahan gempa dibawah ini.

Mencari bahan bangunan yang kuat

Di mana kamu wajib mencari bahan bangunan yang kuat terhadap gempa, dengan pemilihan kualitas baik dengan pengerjaan proses benar akan meminimalisir kerusakan pada rumah.

Apa saja strktur bahan bangunan yang wajib ada rumah yang kuat terhadap gempa? Simak bahan berikut ini.

Pemilihan batu bata

Batu bata yang baik adalah yang memiliki stuktur padat dan juga tidak banyaknya retakan terhadap pencetakannya. Di mana bahan yang digunakan baik habel maupun bata merah sangat bagus.

Hal yang paling diperhatikan nantinya adalah soal penyambungan bata dan perekatan terhadap semen. Pastikan dengan rapat saat pembuatan tembok nantinya.

Pembuatan beton

Beton rumah pada dinding-dinding untuk menahan beban keseluruhan rumah juga tidak boleh terbilang asal. Di mana benton ini menjadi pilar penting terhadap rumah untuk kekuatan dalam menahan gempa.

Semakin dalam dan padat beton yang digunakan maka semakin baik rumah yang di tempati untuk keamanannya.

Buat kamu yang ingin membuat beton tahan terhadap gempa bisa menggunakan perbandingan yakni 2 pasir 3-4 kerikil dan 0,5-1 air. Pastikan semen yang digunakan juga banyak dan jangan sedikit.

Untuk semen sendiri bisa menggunakan tipe yang memiliki kering sedang diantara 8-12 jam agar hasil yang didapatkan juga maksimal untuk pengeringan dan ketahanannya.

Batu

Untuk mencari batu yang kuat untuk menahan beban bawah rumah, kamu bisa menggunakan yang keras dan besar.

Biasanya batu dari letusan gunung sangat baik jika digunakan untuk menahan beban rumah secara keseluruhan saat proses pengecoran nantinya.

Kayu

Selain itu kamu juga bisa menggunakan jenis kayu untuk menahan beban atas pada rumah terutama area plafon dan genteng rumah.

Kayu memiliki struktur kekuatan yang mampu menahan berat pada atap rumah. Saat terjadi gempa biasanya yang akan runtuh dan jatuh adalah dari sisi atas lalu dilanjutkan tembok.

Jangan sampai terjadi bagian atas rumah yang kamu tempati mengalami runtuh.

Carilah kayu yang sudah kering, keras dan juga lurus sangat baik. Untuk jenis kayu yang di rekomendasikan bisa menggunakan kayu jati.

Memperhatikan struktur utama pada bangunan

Pastikan memperhatikan struktur utama dari bangunan mulai dari balok, kolom, pondasi, atap, dinding dan juga ukuran luas dari rumah.

Konstruksi yang baik juga harus mengimbangi keseluruhan dari komponen utama ini. Di mana jangan sampai membuat secara asal-asalan terhadap komponen utama pada rumah.

Pengecoran rumah

Untuk pengecoran rumah ini juga wajib menggunakan pengecoran yang kuat dan komposisi yang baik.

Pastikan cetakan benar-benar kuat dan tahan terhadap guncangan.

Untuk membuat kolom ceker ayam dalam pembangunan untuk rumah 1 lantai bisa menggunakan kedalaman 1 meter untuk posisi bangunan yang sangat kuat. Jika rumah 2 lantai bisa menggunakan kedalaman rumah 1,5 – 2 meter.

Pastikan saat pengecoran lakukan dalam 2-3 hari agar hasil maksimal sata pembangunan dan stuktur benar-benar padat.

Itulah beberapa hal dalam tips membuat rumah tahan gempa dan pastikan memilih bahan berkualitas. Menjaga keamanan terhadap rumah kamu menjadi prioritas penting terhadap keselamatan seisi rumah pada saat terjadi gempa nantinya.