Mengenal Plafon PVC Kelebihan dan Kekurangan

Plafon memiliki banyak material yang bisa digunakan mulai dari gypsum, grc board, triplek dan pvc. Bagi kamu yang ingin mengetahui khususnya jenis plafon pvc semuanya akan Asriland bahas disini.

Dari banyaknya material yang digunakan untuk plafon kamu harus mencoba material jenis pvc. Di mana plafon ini sering dijumpai pada area seperti rumah sakit dan juga sekolah serta beberapa area kantor.

Sebab merupakan salah satu bahan yang cukup ringan dan aman untuk digunakan pada untuk rumah dan kantor khususnya.

Bahan pvc ini juga terbilang kuat dan juga fleksibel serta awet jika dibandingkan triplek atau gypsum.

Mengenal Plafon PVC Kelebihan dan Kekurangan

Mengenal PVC

Pvc ini merupakan singkatan dari PolyVinyl Chloride yang memiliki bahan sejenis polimer yang biasanya pada bahan pipa air. Jika kamu mengetahui bahan dari pipa air pvc, seperti itulah plafon jenis ini.

Dan jenis plafon pvc ini juga sudah banyak digunakan khususnya untuk perumahan masa kini baik rumah baru maupun rumah renovasi.

Namun jenis pvc ini pastinya memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Perlu pengetahuan sebelum kamu menggunakna jenis dari bahan pvc ini.

Plafon pvc kelebihan

  • Di mana plafon pvc ini lebih kuat dari air dan anti rayap, apabila rumah sering bocor khususnya lantai satu pemilihan bahan ini sangat baik untuk digunakan.
  • Bahan lebih berkualittas serta memiliki volume yang ringan.
  • Tidak mudah pecah apabila terjatuh tidak seperti pada gypsum.
  • Perawatan yang cukup mudah.
  • Mudah untuk di bongkar pasang.

Kekurangan plafon pvc

  • Menggunakan bahan klorin yang berbahaya apabila terkena bakar apabila asap terhirup ke sistem pernapasan.
  • Motif yang biasa saja tidak cocok untuk jenis rumah yang ingin keindahan.

Jenis dan motif dari plafon pvc

Selain itu plafon pvc memiliki jenis motifnya tersendiri dan bisa kamu aplikasikan dirumahmu seperti apakah yang cocok untuk digunakan.

Plafon motif jenis garis

Umumnya jenis motif ini yang paling banyak digunakan oleh rumah-rumah yang mengusung plafon pvc.

Model ini terbilang cukup banyak mudah dikenali khususnya jika kamu berkunjung ke sekolah, universitas maupun rumah sakit. Inspirasi jenis ini bisa di jadikan jika ingin yang simple namun tetap elegan.

Selain itu bahan motif ini juga sangat baik untuk di potong dan dibentuk. Dan kamu bisa melakukan kombinasi dengan beragam desain motif lainnya untuk membentuk pila yang indah.

Plafon motif jenis garis

Meskipun terlihat seperti polos, nyatanya tidak seperti begitu. Jika kamu suka yang motif clean namun mudah untuk dibersihkan bisa menggunakan jenis motif plafon pvc ini.

Plafon motif jenis kayu

Di mana untuk jenis model lainnya seperti motif corak kayu, bisa menjadi pilihan lainnya yang pas untuk rumah.

Tampilan yang cokelat ini sangat cocok digunakan dengan lantai yang memiliki motif gelap maupun jenis yang serupa kayu.

Plafon motif jenis kayu

Untuk mendapatkan motif jenis kayu, kamu perlu mencari di toko material besar. Biasanya rata-rata toko material umumnya menyediakan plafon pvc jenis garis clean.

Harga dari plafon pvc

Untuk mengetahui harga dari jenis plafon ini ada beberapa hal yang harus kamu ketahui untuk menentukan range harga. Di mana semuanya dihitung berdasarkan dari satuan meter, panjang dan ketebalan plafon.

  • Plafon motif nusahome untuk ukuran 20×30 pangang 3meter dan lebar 20cm seharga Rp 70 ribu. Di mana memiliki ketebalan sebesar 8mm.
  • Plafon plafonesia pg 1112 di mana jenis ini lebih tahan air dan anti rayap serta memiliki permukaan pori-pori yang rapat. Untuk lebar dari plafon ini mulai dari 20cm, 25cm, 30cm dan 40cm. Dan untuk ukuran panjangnya dari 2m hingga 6m dan harga mulai dari Rp 80 ribu.
  • Plafon plafonesia pg 2001 untuk spesifikasi dari plafon ini tidak berbeda dengan 1112 untuk 1 lonjong ukuran ini yakni 4m x 20cm x 8mm dengan harga Rp 80 ribu.
  • Shunda plafon 08.005 memiliki harga mulai dari Rp 28 ribu, di mana untuk lebar 20 cm panjang 2,4 dan 5 m dan ketebalan 8mm.
  • Dhunda pl 2515 pvc yang memiliki lebar 25cm dan ketebalan 7mm untuk harga yang ditawarkan juga sama seperti 08.005 yakni Rp 28 ribu.

Tips memilih plafon yang baik

Jika ingin menggunakan bahan pvc pastikan memiliki kriteria pemilihan yang baik. Untuk mengetahui cara pemilihan plafon yang sesuai dengan pilihan kamu, bisa cek dibawah ini.

Merk

Patikan memilih merk yang baik dan umum banyak digunakan di indonesia. Ynag mana produsen di Indonesia saat ini sudah banyak menyediakan bahan-bahan yang berkualitas.

Solid

Carilah bahan yang solid dan bisa di cek ketika menyentuh barang tersebut. Kamu bisa mengetok dan mencoba melihat dari ketebalannya, biasanya yang paling umum dijumpai adalah yang memiliki ketebalan dari 7 mm hingga 10 mm.

Kesimpulan

Untuk memasang bahan bangunan jenis plafon ini sangat mudah dan cepat dilakukan, biasanya untuk memasang mulai dari ruang tamu, dapur, teras, kamar tidur dan kamar mandi hanya membutuhkan waktu 2-3 hari saja.

Sebab untuk jenis ini hanya memotong dengan mesin dan lalu melakukan baut pada area pinggir atap. Kamu bisa merekatkan lem yang setara dengan warna agar lebih rapih. Pastikan ketika sudah memang untuk membersihkannya dengan lap basah agar terlihat bersih.