Cara Mencari Titik Bocor pada Instalasi Air Bersih di Rumah

asriland.com – Kebocoran pada pipa instalasi air bersih dapat dialami rumah manapun, dimana anda perlu tahu cara mencari titik bocor pada instalasi air bersih dirumah bagi anda yang menemukan masalah ini, agar pasokan air bersih anda dirumah tetap lancar.

Banyak hal yang bisa menjadi penyebab pipa bocor dirumah seperti pipa pecah, atau karena sambungan pipa sudah mulai tidak rapat lagi karena faktor teknis atau usia. Bahkan pipa bocor bisa jadi karena adanya gangguan penggalian di sekitar rumah anda dan menyebabkan pipa anda menjadi terkena benda keras dan menyebabkan kebocoran.

Selain sistem perpipaan yang bocor, kebocoran juga bisa terjadi pada umumnya terjadi karena kran air dan juga kloset.

Apapun alasannya, kondisi pipa air bersih yang bocor tentu dapat membuat air bersih terbuang percuma, sehingga penggunaan air jadi boros, dan juga menyebabkan tagihan penggunaan air pun meningkat.

Titik Bocor pada Instalasi Air

Cara Mencari Titik Bocor pada Instalasi Air Bersih

Untuk mendeteksi dan mencari titik bocor pipa instalasi air bersih pun tidak mudah karena letak dan panjangnya diameter pipa yang mana pasti anda akan kesulitan untuk menelusuri inchi demi inchi. Namun jangan kuatir, sebab kali ini kami akan membagikan cara mengetahui apakah ada kebocoran pada pipa instalasi dirumah yang bisa anda simak sebagai berikut.

Cara pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan menutup seluruh kran air, dan kemudian cek meteran air dirumah anda. Apabila indikator penunjuk aliran air masih terus berputar, maka bisa dipastikan terdapat kebocoran pada instalasi air yang bisa terletak pada sistem perpipaan atau pada kran air dan juga kloset.

Apabila instalasi air dirumah anda menggunakan pompa bertekanan, anda bisa mengamati kinerja pompa. Apabila pompa tiba-tiba bekerja, maka kemungkinan besar juga telah terjadi kebocoran pada instalasi air bersih.

Kebocoran pada kran dan kloset tenty lebih mudah diketahui, karena pada umumnya bisa anda lihat secara kasat mata. Yang sulit adalah mencari titik kebocoran pada sistem perpipaan. Mencari titik bocor pada pipa lebih mudah dilakukan apabila pipa instalasi disalurkan lewat bagian atap rumah dan dinding, dimana anda bisa mencermati titik-titik lembap pada dinding atau pada atap yang bisa anda tandai dan cermati untuk bisa melakukan perbaikan dengan segera.

Namun berbeda halnya apabila pipa instalasi ditanam pada bagian dasar atau di bawah lantai. Dimana Kondisi ini tentu menyulitkan anda mencari titik yang bocor, sebab rembesan air tidak akan nampak pada lantai, karena air langsung merembes ke dalam tanah. Apabila hal ini terjadi, maka anda bisa membuat instalasi air bersih yang baru melalui bagian atap dan dinding rumah apabila memungkinkan. Atau anda juga bisa menyewa jasa perbaikan pipa yang mengetahui cara mengerjakan pipa bocor dibawah tanah dengan teknik yang mereka miliki.

Sekian informasi mengenai cara mencari titik bocor pada Instalasi air bersih di rumah. Semoga bisa membantu anda dalam memberikan referensi hal apa yang harus anda lakukan ketika mencari titik bocor apabila anda pasokan air bersih dirumah anda terganggu.