8+ Cara Mencegah dan Mengusir Serangga Masuk ke Rumah

asriland.com – Serangga yang sering masuk kedalam rumah tentu bisa menjadi menjengkelkan bagi penghuni rumah karena selain mengganggu, serangga juga bisa membawa bibit penyakit yang bisa menyerang anda dan sekeluarga. Untuk itu, anda perlu menyimak cara mencegah dan mengusir serangga masuk kedalam rumah dibawah ini.

Kedatangan “tamu tidak diundang” ini umumnya ada pada daerah rumah yang kotor, lembab atau gelap sehingga apa bila anda tidak rutin merawat kebersihan rumah anda, maka serangga seperti lalat, kecoa, nyamuk pun akan mengincar rumah anda untuk menjadi sarang mereka.

Bagi anda yang ingin mengetahui cara mencegah dan sekaligus mengusir serangga masuk kerumah, anda bisa menyimak beberapa tips sebagai berikut.

Cara Mencegah dan Mengusir Serangga Masuk ke Rumah

Cara Mencegah dan Mengusir Serangga Masuk ke Rumah

Jaga kebersihan dapur

Hal pertama yang harus anda perhatikan adalah menjaga kebersihan dapur. Dimana tempat ini menjadi salah satu ruangan “favorit” serangga apabila anda tidak rutin memperhatikan kebersihan dapur anda.

Dalam membersihkan dapur sebaiknya anda memperhatika hingga bagian terdalam dan tersembunyi karena tempat tersebut berpotensi kotor dan lembab. Anda bisa memulai membersihkan sela-sela kompor, laci meja, lantai dapur, kabinet dan lainnya. Anda juga bisa menyediakan semprotan desinfektan untuk mengusir hama yang datang.

Jaga kebersihan kamar mandi

Tempat kedua yang paling sering didatangi serangga sepeti kecoa dan nyamuk adalah kamar mandi. Maka dari itu pentingny agar kamar mandi selalu bersih dan kering. Anda juga bisa memastikan saluran pembuangan lancar dan tidak tersumbat oleh rambut atau sampah sehingga tidak terjadi genangan air yang kotor.

Jangan biarkan air menggenang

Nyamuk sangat menyukai air yang menggenang dirumah dan bisa berkembang biak di rumah anda. Jadi pastikan anda membersihkan seluruh saluran air agar tidak ada yang menyebabkan genangan air, dan juga pastikan tidak wadah, drum, tanaman air, atau ember yang menjadi tempat air kotor yang terbengkalai agar tidak menjadi tempat nyamuk berkembang biak.

Jangan menyimpan buah dan sayur di ruangan terbuka

Ketika buah atau sayur terlalu matang atau hampir busuk, buah dan sayur dapat mengundang lalat, kecoa dan serangga lainnya. Apabila anda seringkali menjumpai lalat di rumah atau dapur anda, bisa jadi ada sayur atau buah yang lupa anda masukkan kedalam kulkas.

Buang sampah secara teratur

Sepatutnya jangan biarkan sampah menginap di dalam rumah, untuk itu sebaiknya buang sampah setiap sore hari sebab penumpukan sampah di rumah bisa mengundang datangnya tikus dan juga serangga seperti kecoa yang dapat menyebarkan penyakit dan sangat berbahaya bagi anda yang memiliki anak kecil dan hewan peliharaan.

Simpan barang-barang eksternal di luar

Apabila anda memiliki barang-barang untuk berkebun seperti cangkul, sekop dan ember, sebaiknya simpan benda-benda ini di luar. Hindari menggunakannya untuk keperluan dalam ruangan sebelum benar-benar dibersihkan sebab membawa benda dari luar ke dalam rumah berisiko membawa banyak hama kedalam rumah.

Hal ini juga berlaku untuk mobil-mobilan dan sepeda anak yang bisa digunakan diluar dan dibawa masuk lagi kedalam rumah.

Buang hal yang tidak penting

Salah satu cara mencegah hama berkembang biak dirumah adalah dengan meminimalisir tempat-tempat dimana serangga membuat sarang yang bisa dari barang-barang bekas anda. Jadi sebaiknya anda memulai memilah barang-barang digudang yang sudah tidak digunakan lagi dimana anda bisa membuangnya ataupun mendonasikannya agar lebih bermanfaat.

Perbaiki jaring-jaring di jendela

Cara terakhir yang bisa anda lakukan untuk mencegah masuknya serangga atau hama kerumah anda adalah dengan memasang-jaring-jaring di ventilasi maupun jendela yang merupakan akses serangga bisa masuk kerumah anda.

Selain itu pastikan semua saluran pembuangan anda juga tertutup rapat dengan filter agar mencegah serangga seperti kecoa masuk dari saluran pembuangan.

Sekian informasi mengenai cara mencegah dan mengusir serangga masuk kedalam rumah yang semoga berguna dan bermanfaat untuk membuat rumah anda bebas dari serangga.