Daftar Alat Perkakas Rumah atau Alat Pertukangan

Ketika kamu ingin membangun rumah baru atau melakukan renovasi pada rumah yang dimiliki. Setidaknya daftar alat perkakas ini wajib untuk dimiliki guna memenuhi kebutuhan dalam membangun rumah.

Dan tentunya alat-alat ini memiliki peranan yang sangat penting dan paling sering digunakan oleh tukang bangunan. Dengan adanya alat-alat ini sangat membantu untuk menyelesaikan pekerjaan lebih mudah.

Tidak hanya itu setelah melakukan bangun rumah atau renovasi. Alat ini masih bisa digunakan sehari-hari jika terjadi kendala atau problem di lain waktu.

Sebut saja seperti adanya keran air yang bocor, ingin membuat bingkai hiasan di tembok, memasang kabel internet dan lain sebagainya.

Pastikan kamu memilikinya dirumah mu sebagai alat yang wajib untuk dimiliki. Dan daftar alat perkakas ini bisa kamu beli tentunya di toko bahan bangunan terbesar dengan dengan lokasi tempat tinggalmu.

Daftar perkakas rumah

7 Daftar alat perkakas rumah atau alat petukangan wajib

Dari beberapa ini setidaknya kamu harus memiliki minimal 6 alat yang wajib untuk punya. Jika kamu memilikinya tentunya sangat membantu kamu nantinya.

Apalagi jika terjadi problem kecil, kamu bisa melakukannya sendiri tanpa harus memanggil tukang bangunan dan dilakukan sendiri sampai beres.

Untuk daftar alat petukangan yang wajib dimiliki simak daftarnya dibawah.

Palu

Alat tukang satu ini atau palu wajib masuk list belanjaan perkakas rumah. Di mana 90% perumahan atau pemilik rumah pasti memiliki ini.

Palu banyak fungsinya mulai dari memalu untuk bingkai foto, membuat gantungan pakaian di belakang pintu dan lain sebagainya.

Fungsi palu ini rata-rata digunakan untuk memperbaiki segala sesuatu yang kita butuhkan untuk dalam rumah.

Kamu juga membutuhkan palu untuk meyambung misal kaki meja patah atau pintu yang mengalami pengelupasan pada kayu dengan memakunya.

Obeng

Hal yang wajib dimiliki alat petukangan adalah obeng wajib juga masuk dalam keranjang yang wjaib dimiliki.

Obeng juga terbagi menjadi 2 yakni obeng biasa (+) (-) untuk baut dan skrup serta obeng tespen yang bisa digunakan untuk aliran listrik.

Obeng sangat berguna ketika terjadi kendor pada bahan interior yang kita miliki seperti halnya alat rumah tangga, pompa air dan juga lampu.

Setidaknya kamu wajib memiliki obeng berjenis plus dan minus di rumah untuk menjaga-jaga jika suatu hal terjadi kendor kamu bisa memperbaikinya secara langsung.

Obeng ini juga sangat terpakai jika suatu saat kunci rumahmu patah atau tidak bisa digunakan.

Tang

Tang banyak digunakan untuk mencabung paku dan juga bisa untuk memotong kawat.

Sering kali kita ingin mengganti posisi seperti lukisan atau bingkai dari foto.

Bagi yang menggunakan paku untuk memasangnya, tentu untuk mencabutnya tidak bisa menggunakan tangan. Kamu perlu membutuhkan yang namanya palu untuk mepermudah mencabut.

Mesin bor

Mesin bor

Saat ini dunia permesin boran sangat canggig dan terbilang semakin maju. Kamu tidak perlu menggunakan bor yang harus di colok dengan kabel yang sangat panjang.

Biasanya bor ketika melakukan bor kondisi kabel bor akan membentang panjang apalagi jika dilakukan di bagian atas bukan hanya itu serpihan debu juga bertebaran ke mana-mana.

Namun di era terbaru ini bor sudah sangat modern dan bisa digunakan portabel. Kamu bisa menggunakan meisn bor portabel dari jenis yang terbaik.

Selain itu juga tersedia mesin bor yang bisa menampung hasil serpihan dari debu yang berasal dari tembok yang di bor.

Gergaji kayu dan pipa

Gergaji juga sangat penting untuk dibeli khususnya gergaji kayu dan pipa. Suatu saat pasti kamu membutuhkannya lagi.

Tidak hanya aktif digunakan saat membangun rumah ataupun melakukan renovasi. Kamu juga bisa menggunakannya untuk kebutuhanmu.

Yang paling penting di antara kayu atau pipa adalah jenis gergaji pipa. Biasanya gergaji pipa lebih sering untuk digunakan apabila terjadi kebocoran pada instalasi air yang berada dirumah.

Kamu bisa mendapatkan di beberapa toko online maupun toko material terdekat dengan rumah kamu.

Meteran

Metran ini sangat berguna dan selalu terpakai, wajib masuk ke dalam list belanjaan yang wajib kamu beli untuk perkakas rumah.

Di mana meteran ini bisa untuk mengukur panjang dan lebar dari ruangan.

Kamu pasti membutuhkannya ketika ingin membeli barang interior seperti kitchen set, meja, kursi, lemari, kasur dan lain sebagainya.

Biasanya sebelum membeli perlengkapan interior tersebut, pasti kamu akan mengukurnya terlbih dahulu apakah muat atau tidak saat di masukan ke dalam rumah.

Untuk meteran ini harganya cukup murah mulai dari 20 ribu sudah memiliki bahan bangunan ini.

Baut dan paku

Selain itu memiliki baut dan palu sangat berguna untuk dimiliki. Di mana bisa digunakan untuk menempelkan benda sesuatu di tembok.

Jika kamu menggunakan baut pastikan kamu memiliki yang namanya bor. Dan sebalinya jika kamu ingin menggunakan paku wajib memiliki yang namanya palu.

Namun untuk paku sendiri lebih baik digunakan untuk jenis kayu. Biasanya jika digunakan untuk tembok. Rata-rata tembok akan rusak dan retak akibat hentakan dari palu.

Selain itu untuk baut dan paku memiliki banyak kuran yang berbeda-beda dan kamu bisa memakainya tergantung dari kebutuhan yang ada.

Untuk perbandingan harga biasanya jenis baut atau sekrup jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis paku. Sebab baut ini memang mutifungsi dan hanya menggunakan bor saja yang bisa membantu pemasangannya. Namun di bahan tertentu seperti kayu cukup menggunakan obeng.