Tips Membuat Rumah Kost

Tips membuat rumah kost ini tentunya akan menghemat biaya investasi yang kamu keluarkan. Di mana sangat cocok dilakukan untuk kota-kota besar seperti halnya di Jakarta, Bogor, Tangerang, Bandung, Bekasi, Medan dan Banten.

Penyewaan kost-kostan merupakan salah satu bisnis yang cukup menjanjikan. Apalagi kost tersebut memiliki lokasi yang strategis khususnya dekat areal pendidikan kampus dan juga perkantoran.

Selain investasi yang mejanjikan dari kost-kostan kamu juga harus mengetahui agar tidak mengalami kerugian ketika membangun bisnis ini.

Sektor dari strategis lokasi inilah yang harus diperhatikan untuk pertama kali agar kamu yang berinvestasi membangun kost-kostan tidak mengalami kerugian.

Membangun rumah kost yang baik

4 Tips membuat rumah kost yang baik

Selain dari pemilihan lokasi yang strategis kamu juga harus memperhatikan beberapa hal lainnya seperti kenyamanan dari penghuni dan fasilitas.

Hal ini lah yang harus kamu perhatikan jika berinvestasi di jenis rumah ksot. karena dengan kenyamanan untuk penghuni akan lebih mudah dalam mendatangkan penghungi kost. Dan kamu tidak perlu takut akan memiliki kost kosong di setiap bulannya.

Lalu yang ketiga faktor keamananyang perlu diperhatikan, hal ini sangat penting untuk menunjang dari 2 hal sebelumnya strategis dan juga aspek kenyamanan.

Tips membangun rumah kost inilah yang harus kamu perhatikan dan dirangkum ke dalam point terpenting.

Lokasi strategis

Inilah yang termasuk hal terpenting dalam membangun bisnis rumah kost. Memperhatikan lokasi strategis cukup baik dalam menjalankan usaha.

Tidak hanya kost saja, bisnis yang menyangkut sektor properti pasti akan mempertimbangkan hal seperti ini.

Lokasi strategis lainnya seperti area kampus, kantor, pusat belanja, sekolah, pasar, rumah sakit dan lain sebagainya.

Apalagi kamu berlokasi di kota yang besar seperti Jakarta, Bekasi dan Tangerang hal ini bisa menjadi ladang yang bagus untuk berinvestasi.

Namun jika lokasi tidak strategis tentunya hal ini akan menimbulkan kerugian yang besar dari jumlah yang sudah kamu investasikan.

Membangun konsep kost-kostan

Pstikan kamu membangun seperti apa konsep dari kost-kostan yang ingin kamu gunakan. Misalnya saja kost untuk khusus wanita atau kost khusus untuk laki-laki atau campuran.

Pastikan kamu juga membuat konsep yang menarik bagi calon penyewa.

Umumnya yang paling banyak digunakan adalah konsep kost-kostan khusus seperti khusus wanita dan khusus pria. Hal ini yang paling banyak di cari terutama untuk keamanan penghuni dari kost.

Selain itu jenis kost kamu mau seperti apa? Apakah konsep 1 lantai atau bertumpuk 2 lantai.

Jika ingin mendapatkan banyak keuntungan kamu bisa menggunakan konsep jenis 2 lantai. Karena kamu akan lebih menghemat dari luas tanah dengan memanfaatkan secara baik-baiknya.

Selain itu juga perhatikan kekuatan dari bangunan dan jangan membangun secara asal asalan.

Kamu juga perlu menggunakan jasa konsep desain agar terlihat unik dan bersih. untuk membangun kost di era modern ini konsep kebersihan juga menjadi peran penting dalam berbisnis rumah kost.

Fasilitas kost-kostan

Kamu juga bisa memberikan fasilitas kost yang cukup baik misalnya saja beruangan ac atau memiliki kamar mandi di dalam dan tidk di campur. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri untuk penghungi kost agar lebih memilih untuk bertempat tinggal di tempat kamu.

Tidak hanya itu fasilitas keamanan juga sangat berperan penting di dalam berbisnis kost-kostan.

Apalagi bisnis ini untuk khusus yang memiliki lebih dari 20 pintu rumah kost. Jika di dukung dengan fasilitas keamanan seperti security tentunya usaha bisnis kost kamu akan menjadi lancar.

Dan juga fasilitas ke tiga lainnya yang bisa kamu gunakan adalah lahan parkir. Sebab kost-kostan orang juga akan mempertimbangkan lokasi dari parkiran yang digunakan.

Minimal usaha kamu muat untuk parkir kendaraan bermotor dan jangan lupa untuk menggunakan area pagar.

Harga yang ditawarkan

Untuk di area yang memiliki lokasi strategis area yang kamu tawarkan bisa mulai harga 800 ribu sampai dengan 1,5 juta. Di mana jika kamu ingin keuntungan atau balik modal yang cepat.

Harga tersebut tidak termasuk listrik dan kamu bisa memang listrik kepada masing-masing penghuni untuk mengisi secara mandiri.

Kamu hanya perlu memikirkan biaya dari listrik air saja agar bisa digunakan untuk para penghungi seisi rumah kost-kostan.

Jika target kamu adalah mahasiswa di kampus, kamu bisa menambahkan seperti layanan WIFI yang diakses secara grtais untuk penguhungi rumah kost kamu.

Estimasi biaya membangun kost-kostan

Untuk membangun bisnis dari kost-kostan kamu membutuhkan yang namanya biaya di mana sebaiknya luas kamar diantara 3×4 dengan luas tanah 14 meter persegi agar tidak terlalu sempit.

Untuk membangun rumah tersebut untuk satu kamar 14 m2 dikali Rp 2 juta per meter persegi maka biaya membangun per satu kamar adalah 28 juta.

Kamu bisa menyewakan kamar kost tersebut dengan range harga 1 juta hingga 1,5 juta perbulan.

Jika misalnya kamu menyewakan 1 juta perbulan maka dalam 28 bulan atau 2 tahun 3 bulan kamu sudah bisa balik modal.

Jika ingin banyak kamar tinggal kalikan jumlah kost yang ingin kamu buat. Misalnya saja 10 kost 28 juta x 10 kost biaya yang harus dikeluarkan adalah 280 juta rupiah.