Daftar Suku Bunga Floating KPR 2022 di 5 Bank Untuk Memilih Suku Bunga KPR Terbaik

asriland.com – Ketika mengambil KPR rumah, anda perlu cermat dalam mengetahui besaran suku bunga floating KPR yang akan anda pilih. Maka kali ini, kami akan memberikan daftar suku bunga floating KPR 2022 di 5 bank yang bisa menjadi perbandingan anda.

Perlu anda ketahui bahwa dalam mengambil KPR, anda juga harus mempertimbangkan besaran suku bunga floating agar anda bisa merencanakan kemampuan anda kedepan agar KPR lancar hingga lunas. Namun sebelum kami memberikan daftar perbandingan suku bunga floating di beberapa bank besar di Indonesia, maka tentu akan lebih baik anda mengetahui apa itu suku bunga floating terlebih dahulu.

Apa itu suku bunga floating? Suku bunga floating rate merupakan jenis suku bunga yang dinamis atau tidak tetap, sejalan dengan pergerakan suku bunga acuan BI di pasar nasional. Sementara di global, tingkat suku bunga floating ditetapkan oleh kebijakan seperti SIBOR/Singapore Interbank Offered Rate atau LIBOR/London Interbank Offered Rate.

Dalam KPR atau Kredit Pemilikan Rumah (KPR), selain jenis suku bunga floating ada juga suku bunga fixed, yang nilainya cenderung statis dalam periode tertentu, dimana anda dapat memilih salah satunya dalam skema kredit.

Untuk saat ini, rata-rata suku bunga fixed dimulai dari 3 persen, sedangkan suku bunga floating KPR ada di level 10 persen. Jadi bagi anda yang ingin memulai mengajukan KPR rumah, anda harus cermat memilah-milah bank dengan suku bunga floating KPR terbaik agar anda bisa memperhitungkan pemasukan dan pembayaran anda nantinya.

Untuk itu kali ini kami akan memberikan daftar suku bunga floating KPR 2022 di 5 bank besar penyedia layanan KPR yang bisa anda simak sebagai berikut.

Suku Bunga Floating KPR

Daftar Suku Bunga Floating KPR 2022

BCA

PT Bank Central Asia Tbk atau BBCA secara khusus menawarkan suku bunga KPR spesial di kisaran 3,85 persen pada periode 9 September sampai dengan 10 Oktober. Selain itu, bank BCA juga memiliki program KPR refinancing dan renovasi rumah.

Sesuai situs resmi BCA, suku bunga dasar kredit (SBDK) kredit konsumsi KPR bank raksasa itu mencapai 7,20 persen.

Bank Mandiri

Bank Mandiri memberikan kisaran suku bunga 2,40 persen sampai dengan 4,24 persen pada periode pertama. Lalu ada juga suku bunga spesial tengah tahun 2022, dengan kisaran 4,18 persen hingga 4,88 persen. Selanjutnya, suku bunga fixed berjenjang sampai 10 tahun yang besarannya berkisar dari 3,98 persen sampai 9,68 persen. Dan terakhir, angsuran tetap fix 10 tahun dengan bunga 8,5 persen. Dan seterusnya akan berlaku suku bunga floating.

BTN

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk punya program KPR BTN Subsidi, yang tawarkan rumah di bawah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tanpa PPN dan premi asuransi.

Suku bunganya berada di kisaran 5 persen, dengan nilai uang muka mulai 1 persen. Adapun, jangka waktu cicilannya mencapai 20 tahun, dengan biaya administrasi Rp250 ribu.

BNI

Untuk fasilitas KPR seperti BNI Griya, terdapat pembiayaan khusus pembangunan atau renovasi, top up, refinancing pengambilalihan properti, dan pembelian rumah.

Melansir situs BNI, suku bunga dasar kredit (SBDK) BNI untuk kredit konsumsi KPR adalah 7,25 persen.

BRI

Suku bunga floating KPR 2022 Bank Rakyat Indonesia (BRI) berkisar dari 13 persen. Khusus anggota ASN, TNI, dan Polri, ada program suku bunga floating dari 9,5 persen p.a.

Sekian informasi mengenai Daftar Suku Bunga Floating KPR 2022 di 5 Bank yang semoga menjadi referensi yang bermanfaat agar tidak melupakan suku bunga floating ketika mengambil KPR, dimana dengan suku bunga floating yang diterapkan bank pada periode tertentu akan membuat cicilan KPR anda bisa bertambah dari cicilan awal yang anda bayarkan.