Perhitungan Investasi Rumah Kost Modal dan Keuntungan

Perhitungan investasi rumah kost ini bisa dijadikan sumber referensi jika kamu ingin berinvestasi di sektor properti ini. Selain itu kamu juga bisa menghitung berapa modal yang harus dikeluarkan serta seberapa perhitungan keuntungan dari investasi.

Untuk berinvestasi di kamar kos, jika kamu ingin mendapatkan keuntungan tidak bisa hanya mengandalkan 1 pintu kamar saja. Kamu bisa berhitung dengan keuntungan maksimal di atas 5 pintu kamar kos.

Dalam berbisnis rumah kost hal yang paling di cari selain keuntungan adalah kapan waktu ROI (balik modal) dari investasi ini tercapai. Apakah waktu balik modal tersebut selama 1 tahun, 2 tahun, 5 tahun atau bahkan bisa lebih dati 10 tahun.

Dari sinilah kamu harus memperhatikan yang namanya modal dan tentu keuntungan yang harus di dapatkan. Agar semuanya masuk ke dalam jalur target sesuai dengan perkiraan kamu.

Perhitungan investasi rumah kost

Perhitungan investasi rumah kost

Untuk langkah awal yang harus kamu lakukan adalah memperhitungkan bagaimana mendapatkan keuntungan dari investasi ini.

Sebagai contoh kita analogikan untuk rumah kost dibawah ini:

Modal membuat kost-kostan

Kamu bisa membangun rumah kost dengan 4 m x 5 m untuk idealnya. Di mana dengan perhitungan sebagai berikut:

  • Ukuran bangunan kamar kos 4 m x 5 m = 20 m2, di mana untuk harga pembangunan adalah Rp 2.000.000 /m2 untuk per satu bangunan yang diperlukan adalah Rp 2.000.000 x 20 = Rp. 000.000.
  • Membeli tanah rumah kos dengan luas 4 m x 5 m degan total tanah luas adalah 20 m2. Untuk harga tanah kisaran Rp 1.500.000 per m2. Jadi total yang harus dikeluarkan adalah Rp 1.500.000 x 20 m2 = Rp 30.000.000.
  • Biaya kos perlengkapan listrik dan air sebesar Rp 4.000.000.

Untuk membangun 1 rumah kos dengan luas 4 m x 5 m di butuhkan Rp 74.000.000

Penghasilan bersih dari penyewaan kost

Di mana dengan harga ideal segini kamu bisa menyewakan dengan keuntungan Rp 1.000.000 per bulan. Di mana ini tidak termasuk biaya listrik, air dan kebutuhan lainnya. Semua kebutuhan yang menyangkut listrik dibebankan oleh penghuni kos.

Jadi untuk sewa Rp 1.000.000 per bulan kamu akan mendapatkan Rp 12.000.000 selama setahun.

Lalu seberapa bisa balik modal?

Agar bisa balik modal dengan biaya pembangunan rumah kos seharga Rp 74.000.000 dan biaya sewa yang mendapatkan Rp 1.000.000 perbulan.

Kamu dalam bisnis kos ini bakan balik modal selama Rp 74.000.000 : Rp 1.000.000 = 74 bulan atau jika dihitungkan selama 6 tahun 1 bulan.

Dalam waktu 6 thun 1 bulan kamu baru bisa balik modal.

Itulah contoh perhitungan balik moda, jika ingin untung pastikan biaya dari pembelian tanah dan pembangunan rumah kos dilakukan press biaya.

Keuntungan bisnis rumah kos

Makin banyak rumah pintu kos yang kamu buat maka kamu akan membutuhkan modal yang banyak juga. Terlebih lagi jika dilakukan di area Jakarta.

Namun kamu juga bisa menaikan biaya sewa lebih tinggi jika lokasi yang kamu tempati berlokasi di tempat yang strategis.

Untuk investasi seperti kos yang memiliki return dibawah 7 tahun merupakan investasi yang sangat bagus. Dan jika kamu mendapatkan perhitungan seperti ini kamu termasuk ke dalam tipe low risk.

Biasanya jika return di atas 10 tahun termasuk ke dalam high risk.

Kos yang berada di atas 10 tahun sangat membutuhkan biaya renovasi setidaknya adalah 6 bulan dari biaya penyewaan dan itu rutin dilakukan jika sudah memasuki usia 10 tahun, 15 tahun, 20 tahun dan seterusnya.

Hal ini untuk melakukan maintenance dan perawatan agar kos-kosan selalu terjaga dalam kondisi bangunannya.

Selain itu kamu juga perlu mendapatkan pelatihan penambahan ilmu yang baik dalam melayani penghuni rumah kos. Hal ini diperlukan agar rumah kos yang kamu lakukan bisnisnya agar lebih dikenal dan tidak terjadi kosong pintu.

Biasanya pemilik kos yang baik dan ramah akan lebih mudah dikenal dan dipasarkan ke banyak orang dari mulut ke mulut. Dan ini bisa menjadi nilai aspek marketing untuk jangka panjang secara gratis.

Mempercepat balik modal lainnya dari investasi kos juga harus memperhatikan beberapa tips membangun rumah kos sebagai berikut:

  • Faktor keamanan

Di mana ini sangat penting untuk meramaikan sewa kos yang kamu miliki. Faktor keamanan ini biasanya hal yang paling utama di cari sebelum masuk ke urusan harga.

Orang akan lebih tertarik mencari kos yang memiliki faktor keamanan yang ekstra.

  • Faktor parkir

Tidak hanya itu parkir juga perlu diperhatikan dalam mencari rumah kos. Kamu bisa menyiapkan space lahan untuk digunakan lahan parkir.

Jika kamu masuk ke pedalaman setidaknya gunakan lahan parkir yang muat 2 motor untuk 1 petak pintu kos. Jika kamu memiliki 10 pintu kos, setidaknya sediakan lahan yang muat untuk 10 motor.

  • Faktor fasilitas

Untuk kenyamanan kamu bisa memberikan tambahan berupa kamar mandi dalam yang digunakan untuk masing-masing kamar kos. Hal ini sangat membantu mendapatkan fasilitas yang lengkap dan menciptakan kenyamanan bagi penghuni kos.

Jika ingin lebih faktor mewah kamu bisa menambahkan hotspot maupun ruang ber ac agar lebih nyaman.