3 Cara Menghitung Luas Bangunan Rumah, Mempermudah Desain dan Renovasi

asriland.com – Mengetahui cara menghitung luas bangunan rumah akan sedikit banyak membantu anda dalam membantu untuk perancangan desain interior di dalam rumah, melakukan renovasi, dan bahkan menjual rumah.

Selain untuk kepentingan yang telah kami sebutkan diatas, mengetahui cara menghitung luas bangunan juga penting ketika anda mengurus IMB atau Izin Mendirikan Bangunan yang mana harus dilakukan tanpa adanya selisih kurang panjang atau kelebihan karena hal tersebut dapat berpengaruh pada proses izin yang berkaitan dengan bangunan tersebut.

Sekedar informasi, luas bangunan adalah ukuran bangunan yang berdiri di atas tanah. Untuk mempermudah anda menghitung luas bangunan rumah dengan mudah, anda bisa menyimak cara dibawah ini untuk bisa melakukan perhitungan secara manual maupun menggunakan software.

Cara Menghitung Luas Bangunan Rumah

Cara Menghitung Luas Bangunan Rumah

Cara menghitung luas bangunan secara manual

Formula perhitungan luas bangunan rumah ini sederhana untuk anda coba, bahkan cara ini sudah sering digunakan sejak belajar di sekolah dasar. Namun, anda perlu mengetahui bentuk denah rumah terlebih dahulu sebelum mengitung karena rumus ini digunakan sesuai bentuk rumah.

Adapun untuk rumah yang berbentuk segitiga akan menggunakan rumus segitiga dan rumah yang berbentuk persegi akan menggunakan rumus persegi.

Berikut contoh rumusnya sebagai berikut.

Persegi Panjang

Rumah dengan bentuk persegi panjang bisa menggunakan rumus Panjang X Lebar.  Contoh, apabila ukuran panjangnya adalah 10 meter dengan lebar 6 meter.

Maka perhitungan luas bangunan tersebut adalah 10 x 6 = 60 meter persegi.

Segitiga

Dan untuk rumah yang berbentuk segitiga akan menggunakan rumus berbeda.

Rumus yang digunakan adalah:

S = (X+Y+Z) : 2

L = [S x(S-X) x (S-Y) x (S-Z)]

S adalah perhitungan keliling segitiga. Sementara X,Y, dan Z adalah panjang dari masing-masing sisi. L adalah luas dari segitiga.

Tapi apabila luas bangunan berbentuk segitiga siku-siku, maka anda harus menggunakan rumus berbeda.

Rumus yang digunakan adalah Alas x Tinggi dibagi 2.

Begitu pula jika berbentuk segitiga sama sisi. Rumus yang digunakan juga berbeda.

Trapesium

Apabila bangunan rumah anda termasuk dalam bentuk rumah yang tidak beraturan, yang walaupun sedikit rumit, tapi anda tetap bisa menghitung luas bangunan tersebut.

Untuk menghitungnya luasnya, anda bisa menggunakan rumus ½ x Jumlah Rusuk Sejajar x Tinggi.

Contoh bangunan mempunyai dua sisi panjang yang sama, sedangkan dua sisi lainnya memiliki panjang yang berbeda.

Cara menghitung luas bangunan melalui Autocad

Apabila anda merasa perhitungan cara menghitung luas bangunan rumah dengan cara manual tidak begitu akurat, Anda dapat menggunakan cara lain untuk menghitung secara akurat dengan menggunakan software Autocad.

Memang, menggunakan Autocad tidak semudah menghitung dengan cara manual, tetapi dengan software ini, anda bisa mendapatkan hasil yang lebih akurat. Namun sayangnya tidak semua orang bisa dengan fasih menggunakan software Autocad.

Namun untuk menghitung luas menggunakan Autocad memerlukan beberapa tahapan yang perlu dilakukan sebagai berikut.

  • Anda harus memastikan bahwa Anda mempunyai denah bangunan yang nantinya akan dihitung. Gambar yang tidak beraturan dan tidak rapi akan mempengaruhi hasil angka perhitungan .
  • Anda bisa menekan garis pada gambar denah bangunan, lalu garis tersebut akan berubah seperti garis yang putus-putus.
  • Aplikasikan perintah “PL” atau “polyne”, dan pencet enter.
  • Kemudian, anda bisa membuat perintah “LI” atau “LIST”, dan tekan enter.
  • Dan terakhir, tampilan luas dan koordinat bangunan atau tanah akan muncul.

Bingung? Wajar, sebab anda harus memiliki dasar dalam mengoperasikan software autocad sebelumnya. Atau anda bisa mencoba dan terus belajar agar anda bisa mudah memahami langkah-langkah diatas.

Sekian informasi mengenai cara menghitung luas bangunan rumah yang bisa anda lakukan secara manual atau menggunakan software. Semoga berguna dan bermanfaat.