Kampus Jurusan Arsitektur Terbaik di Indonesia

Kampus jurusan arsitektur ini bisa menjadi pilihan terbaik buat kamu yang ingin terjun khususnya di dunia properti. Tidak hanya itu dengan masuk di Universitas pilihan Indonesia ini kamu bisa mendapatkan ide, konsep dan banyak kenalan link pekerjaan diruang lingkup area kampus.

Untuk menjadi seorang arsitek juga tidaklah gampang, sebab untuk menjadi arsitek setidaknya kamu harus banyak ilmu yang dipelajari. Terutama ilmu matematika dan menggambar mengenai ide seni.

Sebab matematika dan gambar akan saling berkaitan satu dengan lainnya terutama dalam membangun sebuah rancangan. Tentu banyak hal yang harus dipersiapkan untuk masuk kampus jurusan arsitektur.

Mengenal kampus jurusan arsitektur

Mengenal kampus jurusan arsitektur

Di kampus jika kamu mengambil program studi arsitektur akan berhubungan erat dengan rancangan konstruksi bangunan. Baik di perkotaan dan juga pembangunan area perdesaan.

Rancangan ini juga tidak hanya sebatas properti perumahan saja, kamu juga akan mempelajari mengenai mekanisme pembangunan pembuatan tata ruang kota.

Di Indonesia sendiri untuk jurusan arsitektur memiliki banyak peminat namun utnuk daya tampung bangku di Universitas pilihan terbaik. Kamu harus merebut dari ribuan persaingan atau peminat dari seluruh Indonesia.

Jurusan arsitek masuk dalam Fakultas Teknik

Program studi ini memang termasuk ke bagian Fakultas teknik. Buat kamu yang ingin masuk ke jalur ini sebaiknya dari sekolah SMA/MA yang memiliki pendidikan dibidang IPA.

Sebab banyak kaitannya dengan pelajaran hitung-hitungan pada dasarnya.

Kamu juga mau tidak mau harus berkaitan dengan seni desain seperti menggambar menggunakan tulisan. Serta mampu bisa mengoprasikan berbagai software properti seperti halnya Auto CAD dan lain sebagainya.

Pemilihan universitas yang tepat sangat baik untuk berkebang dan mengetahui ilmu terbaik dari dosen pilihan. Sebab di jurusan arsitektur kamu perlu mendapatkan fasilitas yang dapat menunjang kebutuhan kamu selama perkuliahan terutama perlengkapan.

Pemilihan program studi ini kamu bisa memilih top 10 kampus untuk masuk dipilih sebagai pilihan yang tepat.

Daftar kampus jurusan arsitektur terbaik di Indonesia

Setidaknya ada beberapa fakultas yang bisa kamu pilih dan dijadikan pilihan terbaik dalam mendapatkan pelajaran diantaranya adalah:

  • Universitas Indonesia
  • Institut Teknologi Bandung
  • Universitas Gadjah Mada
  • Universitas Brawiyaja
  • Binus University
  • Institut Teknologi Sepuluh November
  • Universitas Diponegoro
  • Universitas Pendidikan Indonesia
  • Universitas Padjadjaran
  • Universitas Negeri Yogyakarta

Setidaknya dari 10 kampus yang memiliki jurusan untuk menjadi arsitektur untuk properti didominasi oleh 9 kampus PTN dan 1 kampus PTS.

Pelajaran yang didapatkan dikampus untuk menjadi arsitek

Kamu akan mendapatkan banyak pengalaman ketika sudah masuk dibangku perkulihan. Di mana dikampus inilah kamu akan mendapatkan pengalaman hingga bisa dikatakan lulusan arsitek terbaik.

Dijurusan arsitektur banyak membahas mengenai pelajaran penting diantaranya adalah:

Membuat karya dengan praktek

Jurusan arsitektur kamu akan mendapatkan banyak praktek terutama menggunakan bentuk fisik dan juga software. Di jurusan ini lebih banyak praktek dari pada teori.

Kamu juga pastinya harus mengetahui jenis bahan bangunan seperti apa yang baik digunakan dan kekuatan seperti apa untuk sebuah bangunan. Tidak hanya itu praktek di lapangan juga menjadi peranan penting untuk menjadi seorang arsitek.

Apakah seorang arsitek wajib bisa membangun rumah?

Taukah kamu untuk menjadi seorang arsitek tentu harus bisa seperti mengaduk semen, membuat olahan bangunan dan pemilihan bangunan.

Hal ini menjadi dasar dalam pelajaran bahwa seorang arsitek tidak hanya bisa menggambar saja. Melainkan mampu terjun langsung dalam melakukan praktek dilapangan seperti apa hingga proses selesai.

Sebab arsitek memegang tanggung jawab yang besar nantinya apa yang dikerjakannya untuk suatu proyek properti.

Selain itu kamu tuangkan dalam bentuk karya yang mana karya itulah hasil yang akan digunakan dan dipasarkan ke banyak orang nantnya.

Mampu menguasai teknologi

Saat ini penggunaan kertas memang terbilang sudah cukup keterbelakang dan sudah banyak menggunakan teknologi khususnya software.

Untuk menjadi seorang arsitek yang baik kamu harus menguasai yang namanya teknologi. Karena akan berhubungan erat dengan yang namanya komputer baik pc berbasis Windows dan juga MacOS.

Nyatanya ketika didunia kerja nantinya kamu pasti akan menggunakan teknologi yang berhubungan dengan software komputer.

Dan saat ini bahkan untuk membuat portotipe dari bentuk miniatur properti sudah tersedia printer 3D yang bisa langsung cetak. Tanpa harus kamu membuat menggunakan dari bahan perkayuan atau styrofoam.

Banyak menghitung

Untuk menjadi artitek yang handal dan terampil dibidangnya kamu harus bisa menghitung dengan akurat supaya tidak terjadi cacat dalam pembangunan.

Taukah kamu dalam membangun sebuah properti seperti gedung atau pencakar langit.

Jika kesalahan 5cm meter saja, maka bangunan tersebut bisa hancur. Faktanya adalah benar dan didunia ini banyak sekali gedung yang hancur akibat salah perhitungan.

Hal ini disebabkan oleh kelalaian oleh seorang arsitek karena kesalahan dalam menghitung dan merancanakan sesuatu. Di mata kuliah ini kamu akan di ajarkan secara benar dalam menghitung sebuah pembangunan dalam menentukan luas, tinggi dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Itulah kampus jurusan arsitektur dalam menerima materi apa yang di ajarkan serta kampus manakah yang bisa kamu masuki.

Selain itu jika kamu lulus dari jurusan asritek kamu bisa bekerja di instansi pemerintahan, konsultan arsitektur, kontraktor manajemen, quantity surveyor, penelitian dan project manager properti.