Tips dalam Memilih Tukang Bangunan Harian dan Borongan

asriland.com – Bagi anda yang sedang membangun atau merenovasi rumah, anda harus mengetahui tips dalam memilih tukang bangunan harian dan borongan agar anda bisa mendapatkan hasil sesuai dengan keinginan anda, dan bukannya malah menjadi merepotkan anda nantinya.

Dalam mengerjakan pembangunan atau merenovasi rumah tentunya anda tidak boleh memilih tukang bangunan asal-asalan agar nantinya anda tidak kecewa dengan hasilnya. Sebab dalam membangun atau rumah, membutuhkan tukang bangunan yang benar-benar tahu apa yang mereka kerjakan serta bertanggung jawab akan tugas mereka.

Sudah terjadi banyak kasus, dimana karena tergiur dengan biaya tukang yang murah, tetapi hasilnya malah jauh dari dari kata memuaskan. Bahkan terjadi berbagai kasus yang sangat merugikan pemilik rumah akibat salah memilih tukang bangunan seperti tukang bangunan yang melakukan mark up bahan bangunan untuk mendapatkan keuntungan lebih, atau menggunakan bahan berkualitas rendah, atau pekerjaan yang molor dari waktu yang telah disepakati, dan beberapa kasus negatif lainnya yang diakibatkan salah memilih tukang bangunan.

Untuk itu, berikut tips dalam memilih tukang bangunan harian dan borongan yang harus anda ketahui sebagai berikut.

Memilih Tukang Bangunan Harian dan Borongan

Memilih Tukang Bangunan Harian dan Borongan

Tukang Bangunan yang Berpengalaman

Pada saat memilih tukang bangunan, anda bisa mencoba mencari dan meminta referensi dari keluarga atau tetangga anda mengenai tukang bangunan terbaik yang mereka ketahui. Bagi anda yang ingin mencari sendiri, pastikan anda menanyakan pengalaman kerja dan keahlian yang dimilikinya.

Mengapa ini penting, sebab tukang bangunan yang memiliki jam terbang tinggi biasanya menguasi keterampilan yang lebih berkualitas dibandingkan yang belum memiliki banyak pengalaman.

Mencocokkan dengan Keahliannya

Perlu anda ketahui bahwa setiap tukang bangunan umumnya mempunyai karakter dan keterampilan yang berbeda, seperti ada yang ahli kayu, besi, pagar, dan sebagainya. Anda bisa menanyakan keahlian mereka yang anda sesuaikan dengan pengerjaan di rumah anda untuk mendapatkan hasil terbaik.

Komunikasi Teratur

Untuk mendapatkan hasil akhir pekerjaan yang baik saat bangun rumah atau melakukan renovasi, anda bisa mencoba untuk rutin berkomunikasi dengan tukang bangunan yang mengerjakan rumah anda.

Dengan begitu, anda bisa meminimalisir apabila terjadi perbedaan pandangan gambaran kerja dengan tukang bangunan.

Terbuka pada Pendapat

Normalnya tukang bangunan bekerja berdasarkan pada perintah dari pemberi pekerjaan. Namun, kerap kali mereka akan memberikan pendapatnya terkait pekerjaannya, walaupun hal tersebut bisa jadi dengan alasan meminimalisasi kekurangan material bangunan atau membuatnya menjadi lebih baik.

Namun setidaknya, tukang bangunan harus terbuka untuk mendengar serta mengetahui apa yang anda inginkan.

Kapasitas Tukang Bangunan

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah kapasitas dari tukang bangunan tersebut. Anda bisa menanyakan kapasitas tukang bangunan dari orang yang pernah bekerja sama dengannya, atau meminta referensi pekerja bangunan dari orang yang anda percaya.

Membuat Kontrak Tercatat

Hal ini penting agar tukang bangunan bertanggungjawab atas tugasnya dan untuk berjaga-jaga apabila sewaktu-waktu ada permasalahan pada pembangunan, seperti rumah yang rubuh atau bangunan tidak sesuai dengan kesepakatan awal.

Anda bisa menuliskan apa yang akan ditangani, jumlah bayaran, waktu pengerjaan, hingga bahan yang digunakan dalam kontrak tersebut. Jangan lupa untuk meminta salinan KTP atau identitas lainnya.

Waktu Pengerjaan

Anda harus memastikan waktu pembangunan atau renovasi rumah yang dikerjakan tukang, dan diskusikan mengenai tenggat waktu yang logis dengan tukang bangunan yang anda pilih, sebab tentunya anda tidak bisa meminta pengerjaan yang normalnya 7 hari, selesai dalam 1 hari atau sebaliknya selesai 20 hari bukan?

Anda bisa memasukkan ke kontrak perjanjian agar anda memperoleh kepastian mengenai berapa lama proses pengerjaan rumah anda sehingga anda tidak perlu menebak-nebak lagi.

Sekian informasi mengenai tips dalam memilih tukang bangunan harian dan borongan, semoga berguna dan bermanfaat bagi anda sebagai referensi serta masukan dalam mencari tukang bangunan yang bisa anda percayai untuk hasil terbaik. Terima kasih.