Panduan Cara Menjadi Arsitek Profesional

Panduan cara menjadi arsitek yang profesional yang banyak dicari dan tentunya untuk kebutuhan membangun ruang lingkup perkotaan. Dengan menjadi arsitek kamu bisa mendesain dari stuktur bangunan baik properti rumah, gedung, kota dan lain sebagainya.

Arsitektur ini tentu dilakukan dengan skill yang wajib dimiliki dengan ilmu desain yang baik dan di kombinasikan ilmu matematika yang tepat.

Untuk menjadi profesional arsitektur tidak bisa mengandalkan jalur otodidak saja. Melainkan jalur pendidikan perkuliahan jurusan arsitektur juga sangat mempengaruhi karir dari seorang arsitek.

menjadi arsitek yang ahli

5 Cara menjadi arsitek profesional

Untuk menjadi arsitektur yang profesional tentu tidak mudah dan tidak semulus yang dibayangkan. Banyak kendala yang pastinya banyak dilalui dan tidak semua orang bisa melakukannya.

Apalagi di bidang ini akan berakitan erat dengan ilmu perhitungan yang akurat dan pasti. Jika sampai salah perhitungan akan berakibat fatal.

Apa yang membuat salah perhitungan didunia arsitektur?

Banyak permasalahan yang terjadi jika kamu salah langkah dalam menggambar dan memperhitungkan ukuran. Hal yang paling menakutkan di dunia arsitek adalah hancurnya pembangunan baik gedung atau rumah dikarenakan kesalahan dalam perhitungan beberama cm saja.

Dan hal tersebut sudah banyak terjadi di dunia ini karena kesalahan dari perhitungan seorang arsitek.

Untuk menjadi seorang arsitek profesional setidaknya kamu bisa melihat panduan dibawah ini.

Melengkapi portfolio

Di mana portfolio untuk menjadi seorang arsitektur wajib banyak dan sudah di terapkan diproperti real.

Sebab untuk menjadi profesional arsitek perlu adanya jam terbang brupa portfolio yang dipasarkan dan berhasil ditempati.

Kamu bisa memulai dengan membangun dengan hal kecil sepperti perumahan tempat tinggal pribadi maupun proyek komplek pembangunan rumah kpr.

Hal ini sangat baik untuk kedepannya untuk melangka lebih jauh seperti halnya pembangunan sistem perkotaan.

Berkuliah di jurusan arsitektur

Kamu bisa menjadi seorang arsitek profesional dengan berkuliah di jurusan khusus prodi arsitek. Jurusan ini tentunya bisa di dapatkan melalui pendidikn ketika sekolah di IPA.

Untuk meraih pendidikan ini kamu bisa memanfaatkan 10 jurusan arsitek di Universitas terbaik di Indonesia.

Masuk jurusan ini juga memiliki jumlah pesaing yang cukup banyak dan tidaklah mudah diakukan. Hal inilah kenapa pendidikan merupakan hal paling baik jika ingin menjadi profesional arsitektur.

Hal pertama kali orang lakukan untuk mencari arsitektur pofesional arsitektur dilihat dari latar belakang pendidikannya baru dilihat dari skill yang dimiliki.

Sebab setiap kampus top 10 besar atas prodi teknik arsitektur memiliki program kelulusan yang sangat ketat dan tidak sembarang.

Oleh sebab itu pastinya lulusan alumni dari kampus top 10 tersebut memiliki rancangan yang cukup baik dalam mengerjakan proyek baik skala kecil maupun besar.

Magang

Untuk panduan cara menjadi arsitek yang profesional wajib banyak mengikuti program magang.

Di mana kamu bisa mengikuti kegiatan magang yang dilakukan proyek skala besar di perusahaan Tbk. Selain itu kamu bisa mengikuti beberapa departemen untuk berlatih menjadi arsitektur, bagian manajemen perencanaan dan proyek desain.

Sehingga nantinya ketika masuk didunia kerja kamu tau betul seperti apa langkah kedepannya untuk menjadi seorang arsitek.

Magang yang baik untuk menguasai dibidang ini dilakukan dalam waktu 1-3 tahun. Sebelum kamu benar-benar terjun secara penuh didunia pekerjaan arsitektur.

Jika selesai magang kamu bisa mencoba melakukan dengan perencanaan untuk jenis properti perumahan lalu pergedungan dan terakhir tatanan kota.

Memiliki lisensi seorang arsitek

Sama seperti halnya Dokter yang harus memiliki lisensi praktek sebelum membuka pasien.

Hal ini juga berlaku untuk seorang arsitek yang terjun di dunia properti. Di mana lisensi ini dikeluarkan oleh organisasi arsitek Indonesia.

Kegunaan inilah yang membuat nilai jual kamu semakin tinggi. Sebab untuk mendapatkan lisensi ini juga tidaklah gampang dan banyak perjalanan sulit.

Karena untuk mendapatkan lisensi harus melewati beberapa ujian dan tes. Selain itu ada praktek yang harus kamu lakukan jika kamu dianggap sebagai profesional arsitek di Indonesia.

Jika kamu mendapatkan lisensi ini, untuk praktek di lapangan tentunya banyak orang yang akan mencari kamu dan tertarik dengan desain yang kamu buat.

Karena lisensi ini dihitung berdasarkan ide, ketepatan dan kreatifitas kamu dalam mengelola suatu proyek.

Membangun jaringan atau network

Neworking di dalam dunia properti dan perencanaan tatanan kota sangat penting bagi lulusan arsitek. Sebab untuk masuk di instasi besar yang sejalan dengan jurusan perlunya ada kenalan orang dalam atau rekanan jaringan bisnis.

Di mana kamu perlu mencari banyak teman jika masuk di dunia arsitek.

Karena networking itu sangat penting untuk mempermudahkan kamu dalam mendapatkan pekerjaan.

Kamu juga perlu berhubungan baik dengan rekan bisnis, teman seperkuliahan, kenalan dan lain sebagainya.

Hal ini akan membantu kamu meningkatkan karier di dunia arsitektur Indonesia.

Akhir kata

Itulah panduan cara menjadi arsitek profesional yang bisa kamu ikuti dan dijadikan bahan acuan. Yang mana dari diatas semua hal terpenting adalah mengenai pendidikan yang memiliki peranan penting suksesnya di dunia arsitek.

Sebab pendidikan akan mengarahkan kamu dalam membangun stuktur arsitektur yang baik dalam memberikan ide dan merancang sesuatu dengan benar.