Daftar Software Arsitektur 3D di PC

Daftar software arsitektur 3D yang dapat digunakan di PC Windows dan MacOS. Di mana banyak digunakan mulai dari mahasiswa jurusan arsitek sampai dengan arsitek profesional. Aplikasi ini memang memiliki kelebihan tersendiri dalam mendesain dan juga membangun rumah/gedung dari interior dan eksterior secara detail.

Fitur update aplikasi ini sangat canggih dari tahun ke tahun. Di mana banyak dukungan yang lebih mudah dalam membuat suatu desain secara virtual tampak lebih nyata.

Kamu juga langsung bisa mengimplementasikan secara langsung dalam bentuk 2D sampai 5D. Dari rancangan bentuk gambar sampai dengan rancangan mirip dengan asli fisik nantinya.

Berikut beberapa software arsitektur 3D yang bisa kamu gunakan dan terbaik untuk di install lewat PC sistem operasi Windows maupun MacOS.

4 Daftar software arsitektur 3D terbaik

Dengan aplikasi ini tidak sepenuhnya gratis dan kamu bisa mencobanya menggunakan versi trial. Sebab aplikasi ini banyak digunakan khususnya untuk perusahaan besar dibidang real estate atau properti.

Buat yang ingin belajar atau ingin fokus dibidang arsitektur menggunakan software PC bisa simak selengkapnya mengenai software arsitektur 3D terbaik didunia.

AutoCAD Architecture

Di mana software ini dapat disesuaikan dengan desain dalam bentuk 2D dan 3D. Di mana digunakan secara gratis hanya untuk email berjenis pelajar, mahasiswa dan edukator.

Untuk jenis instansi profesional jenis lisensi dari AutoCAD Architecture tentunya berbayar.

Banyak fitur yang bisa digunakan pada software ini. Yang mana kamu bisa menggunakan pemodelan dalam objek yang ingin didesain. Yang mana sangat cocok untuk perancangan seperti arsitek, mesin dan sipil serta masih banyak lagi lainnya.

software arsitektur 3D AutoCAD Architecture

Khusus untuk arsitektur aplikasi ini di dukung dengan lebih dari 8500+ bentuk komponen dan block yang berbeda. Juga untuk bersi AutoCAD Architecture 2023 tersedia untuk auto generate seperti lantai, tangga dan jenis lainnya.

Kamu juga bisa membuat fitur cepat untuk membuat pintu, jendela dan tembok sangat mudah. Dan di update terbaru ini tentunya untuk tampilan UI dan UX sangat mudah untuk digunakan dari pada tampilan-tampilan sebelumnya.

Jika ingin menggunakan software ini setidaknya PC atau laptop yang kamu gunakan memiliki minimal RAM 16 GB, SSD Harddisk serta Processor generasi 10 ke atas.

Sketch Up Pro

Merupakan perangkat lunak yang terbilang cukup baik dan digunakan untuk arsitektur pada bangunan yang luas dan mendetail.

Jika kamu ingin merancang perencanaan pembangunan gedung, tata ruang kota dan lain sebagainya. Aplikasi ini sangat cocok untuk digunakan dan diinstall di PC atau laptop.

Untuk pemodelan aplikasi ini menggunakan jenis 3D yang mana memang di develop untuk membangun secara nyata seperti bentuk asli.

Sketch Up Pro

Akurasi dan details dari model inilah kenapa banyak orang menggunakan Sketch Up Pro khususnya dari instansi perusahaan besar.

Buat kamu yang sedang belajar jurusan arsitektur, bisa untuk mendalami software ini. Karena cukup banyak digunakan untuk di dunia pekerjaan nantinya.

Untuk soal harga terdapat 3 lisensi yang berbeda diantaranya:

  • Commercial use tersedia versi Go, Pro dan Studio: Untuk profesional bisa menggunakan versi Pro dengan harga $299 per tahun untuk Desktop, Chromebook dan iPad.
  • Mahasiswa higher education: Di mana memiliki harga hanya $55 per tahun khususnya mahasiswa bisa menggunakan versi ini.
  • Student: Gratis digunakan untuk jenis Chromebook melalui link G suite atau Microsoft education.

ArchiCAD

Software yang di desain untuk MacOS dan Windows yang mana untuk desain serta bentuk visual yang nyata.

Bagi yang membutuhkan pekerjaan berat untuk arsitek seperti pembangunan kota atau mendesain sebuah kota. Software ini sangat layak untuk digunakan.

Kamu juga bisa membuat sketch serta render dalam bentuk putih untuk melihat hasil keseluruhan secara mendetail dari bangunan yang dibuat.

software arsitektur 3d ArchiCAD

Dan juga tersedia photo realistis dari hasil rendering khususnya jika ingin membuat project properti dalam waktu yang cepat. ArchiCAD sangat cocok untuk digunakan dalam merender hasil bentuk 5D.

Percaya atau tidak hasil foto gambar langsung dengan membuat melalui ArchiCAD hasilnya akan 11:12 dan hampir mirip. Hal inilah kenapa teknologi dari ArchiCAD juga termasuk ke dalam aplikasi terbaik di dunia yang banyak digunakan.

Untuk lisensi ini kamu bisa membeli di patner resmi penjualan ArchiCAD atau via web langsung dan memang di khususkan untuk kegiatan bisnis saja.

Autodesk Revit

Jika ingin membangun untuk informasi bangunan mendetail seperti saluran angin, pembuangan, listrik, pipa dan masih banyak lagi. Kamu wajib mempelajari software Autodesk Revit.

Di mana Autudesk menawarkan fitur yang luar biasa di aplikasi ini secara mendetail mengenai kondisi bangunan secara detail.

Apa kelebihan dari aplikasi Autodesk Revit?

Salah satunya banyak digunakan untuk perusahaan kelas atas dunia dalam menemukan kesalahan dari jasa kontraktor mengenai struktur bangunan.

Yang mana semua kesalahan-kesalahan dalam membangun dapat ditemui di aplikasi ini melalui proses audit perencanaan.

Sebab aplikasi ini sangat cocok jika digabungkan dengan aplikasi lainnya sepeti AutoCAD.

Autodesk Revit

Dan dibeberapa kampus di dunia serta Indonesia juga mulai menerapkan kurikulum untuk mata kuliah Autodesk.

Untuk Autodesk Revit terbaru adalah 2023 dan kamu bisa membeli lisensi ini mulai harga:

  • Bulanan $355.
  • Tahunan $2675.
  • Per 3 tahun langganan $7265.