Tips Arah dan Posisi Rumah yang Baik Menurut Fengsui

asriland.com – Anda boleh percaya atau tidak mengenai Fengshui, tetapi dengan tips arah dan posisi rumah yang baik menurut fengshui bisa menjadi masukan tambahan bagi anda dalam memilih atau membangun rumah.

Fengshui banyak dijadikan patokan bagi orang Cina tionghoa dan orang yang meyakini bahwa fengshui dapat menjadi bahan masukan untuk menghasilkan energi positif dalam pengaturan kehidupan sehari-hari, termasuk ketika dalam hal menyangkut rumah.

Fengshui sendiri merupakan ajaran kuno dari Tiongkok tentang keseimbangan manusia dengan lingkungannya yang dilambangkan dengan lima elemen energi, dimana kelima elemen tersebut adalah air, api, tanah, kayu, hingga logam. Jika kelima elemen ini hadir dalam kombinasi yang tepat, maka akan menghasilkan energi positif yang dipercaya bisa membawa rezeki, keberuntungan, membebaskan anda dari musibah, konflik, pertikaian, dan sebagainya.

Maka tidak heran, berbagai tips pengaturan eksterior dan interior hunian menurut fengshui pun menjadi referensi positif bagi banyak orang untuk memastikan keseimbangan elemen dan energi positif hadir didalam rumah.

Adapun pengaturan fengshui sangat beragam mulai penempatan objek tertentu di dalam rumah, posisi, benda-benda yang dilarang dalam rumah, warna yang dilarang dan diperbolehkan, hingga arah bangunan rumah dan ruangan-ruangan di dalamnya.

Bagi anda yang berencana membangun atau membeli rumah, anda juga dapat menjadikan fengshui sebagai masukan untuk anda, dimana fengshui memiliki beberapa aturan yang bisa anda simak sebagai berikut.

Arah dan Posisi Rumah yang Baik Menurut Fengsui

Tips Arah dan Posisi Rumah yang Baik Menurut Fengsui

Tidak Dekat atau Mengarah ke Kuburan

Walaupun tanpa pertimbangan fengsui, tentu memiliki hunian yang dekat dengan kuburan memang harusnya bukan jadi pilihan. Apalagi bagi anda yang masih percaya hal-hal yang berhubungan dengan supernatural, mitos dan tempat yang angker.

Dalam fengshui, rumah yang mengarah ke kuburan atau berada dalam jarak dekat dengan kuburan akan membawa energi negatif karena unsur kematian yang melambangkan kuburan atau pemakaman.

Apabla anda sudah terlanjur tinggal dan memiliki rumah di dekat kuburan, maka tips fengsui adalah untuk memasukkan unsur warna merah dalam cat dinding, furnitur, atau tumbuhan, dimana hal ini bisa menjadi penangkal energi negatif dari pemakaman.

Menghadap Utara atau Selatan

Tanpa tips fengshui, sebenarnya posisi atau arah rumah yang ideal adalah dengan mempertimbangkan jumlah sinar matahari atau angin yang masuk ke dalam rumah. Namun dalam pengaturan fengshui ternyata berbeda, dimana fengsui punya filosofi lain terhadap arah mata angin rumah.

Rumah dengan arah utara dipercaya dapat membawa keberuntungan dalam berbagai aspek kehidupan, seperti karier, bisnis, percintaan, dan rumah tangga. Begitu juga dengan arah selatan yang meyakini penghuninya akan mendapat popularitas, kekuasaan, dan penghargaan. Alasannya, karena arah utara dan selatan dianggap sebagai arah yang netral, tidak menghadap matahari terbit atau terbenam.

Pintu Utama Memegang Peranan Penting

Berbicara arah rumah berdasarkan mata angin, ternyata yang menjadi indikator arah rumah bukanlah posisi dinding atau atap, tetapi pintu depan atau pintu utama rumah. Jadi menurut fengshui, walaupun rumah anda menghadap ke utara atau selatan, tapi pintu utama rumah menghadap ke timur, maka rumah akan dianggap menghadap ke timur.

Perhatikan Ruangan yang Menghadap Jalan

Tentu hampir setiap rumah menghadap ke jalan, namun yang perlu diperhatikan beberapa ruangan dan furnitur di rumah dianjurkan untuk tidak langsung menghadap ke jalan, terutama jalan raya yang ramai dan sibuk.

Yang pertama adalah tempat tidur yang tidak boleh menghadap ke jalan, karena berbaring menghadap ke jalan merupakan posisi orang mati yang membawa energi negatif ke dalam rumah.

Selanjutnya adalah posisi toilet di kamar mandi yang tidak boleh membelakangi jalan, karena diyakini posisi ini menyebabkan energi positif dan rezeki yang masuk ke dalam rumah malah bisa jadi terbuang ke dalam kloset.

Rumah Tusuk Sate

Tentu anda sudah sering mendengar istilah rumah tusuk sate yang berada tepat di tengah sebuah pertigaan dan biasa dihubungkan dengan hal-hal berbau mistis dan supernatural. Dalam fengshui sendiri menganjurkan agar anda menghindari rumah tusuk sate karena diyakini bisa memberi energi yang kuat dan langsung masuk melalui pintu depan tanpa halangan apapun.

Namun sayangnya, energi tersebut terlalu kuat sehingga malah bersifat merusak ketika masuk kedalam yang bisa mempengaruhi keharmonisan keluarga, membawa konflik kerumah, dan menyebabkan ketidakberuntungan, dan hal negatif lainnya.

Sekian informasi mengenai tips arah dan posisi rumah yang baik menurut fengshui yang bisa menjadi masukan tambahan bagi anda dalam merencakan membeli atau membangun rumah. Anda boleh percaya atau tidak percaya dimana di era modern saat ini, fengshui kadang dikatakan tidak relevan lagi.