Tips Membuat Dapur Minimalis

Tips membuat dapur minimalis yang mana bisa kamu terapkan dan menjadi inspirasi dirumah. Dengan beberapa tips ini setidaknya kamu akan mendapatkan inspirasi membuat dapur yang memiliki konsep luas dan tidak sempit.

Dapur menjadi bagian terpenting dirumah, sebab ruangan ini digunakan sehari-hari mulai dari memasak, menyiapkan makanan dan tempat menaruh makanan.

Perlunya penataan dapur yang baik dan rapih juga perlu kamu perhatikan. Agar menjadi nyaman ketika kamu gunakan seperti memasak.

6 Tips membuat dapur minimalis

Ada beberapa hal yang harus kamu ketahui ketika ingin membuat dapur. Di mana dalam mendesain dapur minimalis juga tidak boleh sembarangan.

Apalagi jika rumah yang ditempati memiliki luas yang tidak begitu besar atau minimalis. Penataan seperti penaruhan tempat juga perlu di perhatikan.

Memilih pewarnaan dapur

Hal yang bisa kamu lakukan pertama kali dalam membuat dapur adalah dengan menentukan warna yang pas digunakan. Di mana ruangan akan terlihat terang dan luas jika pemilihan warna tepat.

Kamu akan mendapatkan pilihan banyak warna dengan melihat-lihat beberapa contoh dapur. Hindari penggunaan warna yang gelap untuk dapur minimalis.

Di mana warna gelap ketika digunakan pada dapur minimalis akan membuat ruangan terasa lebih sempit.

Gunakanlah satu warna yang cerah atau kamu bisa menggunakan perpaduan warna cerah. Sebab di dapur ini juga harus serasi dengan warna dari kitchen set yang dipilih.

Rekomendasi warna yang baik bisa menggunakan seperti putih, cream, hijau, kuning dan warna cerah lainnya.

Menggunakan kitchen set dinding

Hal ini juga efektif digunakan untuk kitchen set yang digunakan dengan konsep minimalis. Kamu bisa menggunakan jenis bertema rak susun di dinding untuk meminimalis ruangan.

Penyimpanan masak harus tetap bersih dan juga tertata dengan rapih. Hal yang perlu kamu ketahui jika ingin menggunakan jenis rak dinding adalah. Tarulah peralatan yang jarang digunakan atau digunakan saat pesa-pesata atau acara tertentu saja.

Menggunakan kitchen set dinding

Untuk yang paling sering digunakan sehari-hari kamu bisa menaruhnya di meja dapur atau rak bawah.

Beberapa tempat yang bisa di taruh di atas seperti piring, gelas dan juga beberapa panci serta wajan yang jarang digunakan.

Ketahuilah jika kamu menggunakan rak dinding pada runag minimalis. Ini akan menghemat space ruangan dan kamu bisa menggunakan space sisa untuk tempat makan atau ruang menaruh barang lainnya.

Kurangi peralatan dapur

Jika kamu ingin membuat dapur dengan konsep yang minimalis khususnya, pastikan mengurangi peralatan dapur pada rumahmu. Yang mana dengan peralatan yang banyak malah akan membuat sempit ruangan.

Kamu harus menghindari beberapa peralatan dapur yang tidak penting dan jangan terlalu mengoleksi yang tidak berguna dengan satu jenis item.

Gunakanlah secukupnya jika kamu memilikki panci atau wajan belilah masing-masing 2 saja.

Sebab peralatan dapur yang banyak malah akan membuat space pada dapur juga membutuhkan ukuran yang lebih luas.

Saat ini jenis peralatan dapur juga sudah multi fungsi dan dapat digunakan apa saja. Apalagi untuk jenis gelas dan piring, jika kamu ingin menyimpannya gunakanlah rak penyimpanan dan tumpuklah agar bisa memakan space ruangan dapur nantinya.

Cahaya maupun ruang ventilasi udara

Kamu juga perlu memperhatikan yang namanya ruang cahaya dan ventilasi pada dapur. Hal ini berguna agar ketika memasak semua udara yang terserap akan keluar dengan baik.

Selain itu cahaya yang terang dari lampu bisa menggunakan jenis lampu 15 watt ke atas. Yang mana untuk urusan masak memasak perlu adanya penerangan yang baik agar seperti membersihkan sayur atau daging bisa dengan bersih.

Beberapa pencahayan yang baik bisa menggunakan lampu cahaya pada atas dapur tepat atau kompor. Kamu bisa menempatkannya pada titik-titik yang strategis yang digunakan untuk memasak.

Ventilasi juga perlu untuk pembuangan udara sehabis memasak agar tidak menumpuk diruang dapur saja. Apalagi jika memasak seperti sambal, kamu butuh yang namanya sirkulasi ventilasi yang baik.

Gunakan jenis bahan yang kuat akan panas

Kamu bisa menggunakan untuk tatakan dapur maupun kompor menggunakan bahan yang anti panas seperti coran semen dengan marmer.

Jenis marmer ini sangat bagus untuk tatakan dapur karena memang bahan yang digunakan tidak licin. Jika dibandingkan kamu menggunakan jenis model kemarik yang lebih licin bahannya.

Gunakan jenis bahan yang kuat akan panas

Selain itu model marmer juga lebih tahan panas terhadap suhu ruangan ketika sedang memasak.

Untuk jenis dinding juga kamu bisa memilih jenis kemarik biasa atau keramik dinding khusus. Yang mana ini lebih baik jika dibandingkan menggunakan jenis cat tembok.

Jika kamu menggunakan jenis cat tembok, harus mengetahui resiko yang paling utama adalah mengelupasnya cat dan mudah kotor.

Berbeda dengan menggunakan keramik, jika terjadi cipratan seperti minyak, bumbu dll akan lebih mudah dibersihkan.

Pemilihan tema dapur

Yang terakhir adalah menggunakan pilihan tema seperti apa yang kamu gunakan.

Banyak tema yang bisa kamu gunakan seperti nuansa full cerah putih, vintage desain, model clearn, minimalis mewah, maupun dapur dengan tema perkayuan.

Di mana tema ini dapat menentukan nuansa nyaman bagi kamu.

Saat ini banyak pilihan tema yang bisa kamu gunakan dan dijadikan pilihan yang tepat dalam membangun dapur baru.