Cara Membangun Gedung Pencakar Langit

Pernahkah kamu terpikirkan mengenai cara membangun gedung pencakar langit yang memiliki ketinggian di atas 300 meter? Dan bagaimana proses pembuatannya. Yang kamu ketahui adalah ketika gedung tersebut sudah terbangun atau jadi.

Di dunia sendiri rata-rata kategori gedung pencakar langit adalah memiliki ukuran di atas 360 meter. Dan sudah lebih dari 100 gedung di dunia yang memiliki ketinggal di atas rata-rata tersebut.

Dan untuk saat ini gedung tertinggi didunia masih di pegang oleh Burj Khalifa di Uni Emirat Arab yang mana memiliki ketinggan 828 meter. Namun jika Kingdom Tower di Saudi Arabia sudah selesai gedung tertinggi akan jatuh ke Kingdom Tower dengan ketinggian lebih dari 1000 meter.

Tentang gedung pencakar langit

Tentang cara membangun gedung pencakar langit

Di Indonesia sendiri untuk gedung tertinggi didunia masih jatuh di Signature Tower Jakarta. Yang mana memiliki ketinggian hingga 638 meter dan masuk ke 5 besar gedung pencakar langit tertinggi didunia.

Dan gedung Signature Tower Jakarta ini kemungkinan akan selesai di tahun 2025.

Dalam membangun gedung pencakar langit tidak bisa hanya mengandalkan yang namanya tenaga manusia saja. Apalagi ketinggal gedung tersebut sudah mencapai ratusan meter.

Kekuatan manusia saja sudah pasti mustahil untuk dilakukan, banyak cara untuk memudahkan manusia dalam membantu proses pembangunannya.

Salah satunya adalah dengan alat-alat berat untuk penunjang pembangunan. Alaat berat ini lah yang mendukung semua kebutuhan pembangunan untuk di tempatkan gedung sampai proses selesai.

Alat berat gedung pencakar langit

Taukah kamu terdapat beberapa alat yang sangat di andalkan dalam pembangunan gedung diantaranya adalah:

Crane crawler

Alat ini sangatberguna untuk menjangkau pemindahan benda berat dengan angkatan hingga 3500 ton. Yang mana sangat baik untuk bongkar muat alat bangunan seperti besi-besi yang berat dan di angkut ke truk besar.

Crane crawler ini tidak memiliki jangkauan panjang dan biasanya terbatas untuk gedung pembangunan 1-2 lantai awal serta pemindahan barang-barang berat.

Crane tower

Crane tower

Taukah kamu alat yang bisa digunakan sampai memanjang ke atas hingga ratusan meter saat proses pembuatan bangunan? Nama alat tersebut adalah crane tower.

Di mana sudah pasti ada di semua gedung yang memiliki tingakatan lebih dari 100 meter. Alat ini sangat membantu dalam mengangkat semua material yang ada untuk di gerakan ke atas.

Yang mana alat ini berdasarkan pada pemindahan beban dan ayunan serta memperhitungkan tekanan angin untuk penggunananya.

Forklift

Di mana digunakan untuk mengangkat mesin-mesin berat ke dalam area gedung. Yang mana berguna untuk angkat mesin seperti listrik, ac, perairan dan lain sebagainya.

Alat ini menjadi mempermudah para pekerja bangunan untuk mempercepat proses pemindahan barang-barang berat namun tidak terlalu besar untuk diameternya.

Mobile crane

Di mana untuk perpindahan barang satu ke tempat lainnya dengan cepat, biasanya digunakan untuk besi-besi, pipa berat, bahan material dan lain sebagainya yang memiliki beban ber ton-ton.

Alat ini bisa beruptar 360 derajat dan mempermudah tukang bangunan dalam memindahkan alat-alat dari pembangunan.

3 Cara membangun gedung pencakar langit

Apa saja yang diperlukan untuk membangun gedung pencakar langit yang memenuhi standar?

Insiyur teknik sipil dan arsitek

Untuk membuat gedung tinggi membutuhkan banyak insiyut dari teknik sipil dan arsitek. Di mana tidak bisa mengandalkan 1-2 orang saja.

Membangun gedung pencakar langit membutuhkan setidaknya kerja tim minimal 10-20 orang untuk hasil yang baik.

Biasanya dalam proyek ini akan dibagi-bagi atau di pecah dari tiap masing-masing lantai untuk proses pengerjaannya.

Rancangan gedung

Hal ini wajib dilakukan jauh-jauh hari dan bahkan bisa membutuhkan waktu 1-2 tahun proses pengerjaannya. Sebab untuk membangun gedung tinggi apalagi sudah melebihi 300 meter tentu membutuhkan ketelitian yang tinggi.

Rancangan gedung ini juga wajib bagi pihak insiyur agar tidak ada kesalahan kecil. Sebab jika terjadi kesalahan kecil maka proses pembangunan tersebut bisa gagal dan pemilik gedung bisa mengalami kerugian yang besar.

Selain itu gedung untuk posisi dari lantai tengah hingga atas wajib stabil dan tidak goyang ketika terkena tekanan angin yang sangat besar.

Hal ini bisa di lakukan dengan membuat paku bumi yang sangat dalam untuk menahan beban keseluruhan dari bawah hingga atas.

Hal terpenting dalam membuat gedung pencakar langit adalah antara lebar dan tinggi juga perlu di hitung. Sebab untuk menentukan ketinggan suatu gedung perlu di rancang dengan bangunan yang luas dibawahnya.

Bahan bangunan super kuat

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah dari kerangka balok atau kolom yang dibuat wajib sangat kuat dan menggunakan bahan terbaik.

Kerangka dari gedung ini terbuat dari gabungan beton dan juga tulangan baja. Yang mana kombinasi inilah yang sangat baik untuk bangunan tinggi ke atas.

Apakah membuat gedung pencakar langit mudah?

Tidak mudah, kamu perlu mengeluarkan biaya yang sangat banyak serta harus memiliki insinyur arsitek yang berpengalaman.

Di mana ini menjadi hal terpenting yang perlu kamu lakukan agar bisa mendapatkan sesuai standar kenyamanan dan keamanan.

Sebab untuk membangun tinggi gedung 300 meter diperlukan beberapa peralatan yang menunjang untuk mendukung kesuksesan dari proses pembangunan.