Mengenal Rumah Modular Tahan Gempa RUSPIN

asriland.com – Apakah anda pernah mendengar rumah RUSPIN? Yang mana RUSPIN merupakan rumah modular tahan gempa yang akan kita bahas kali ini.

Rumah RUSPIN atau kependekan dari Rumah Sistem Panel Instan adalah jenis rumah modular yang dikembangkan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Permukiman Kementerian PUPR, dimana konsep rumah ini merupakan jawaban atas tingginya permintaan hunian rumah ditanah air sekaligus aman mengingat kondisi geografis Indonesia yang rawan gempa di beberapa daerah.

Apabila pembangunan rumah dengan sistem konvensional pada umumnya membutuhkan proses pembangunan yang cukup lama, namun berbeda dengan RUSPIN dimana membangun rumah bisa dilakukan dengan biaya produksi murah serta waktu pengerjaan yang lebih singkat, namun jangan kuatir mengenai keamanan sebab walaupun proses pembangunan lebih cepat, tetapi RUSPIN tetap memenuhi persyaratan kualitas teknis. Baca juga Cara Membuat Akta Jual Beli Tanah dan Syaratnya

Seperti yang kami sebutkan diatas bahwa RUSPIN merupakan jenis rumah dengan sistem modular, maka pembangunan konstruksi rumah jenis ini memanfaatkan modul fabrikasi pabrik sebagai komponen utama, dimana teknik pembangunannya pun mudah dan cepat, sebab kontraktor cukup menyusun setiap rakitan modul mengikuti bentuk desain site bangunannya.

Mengenal Rumah Modular Tahan Gempa RUSPIN

RUSPIN juga kerap disebut rumah knock down, sebab pembangunan strukturnya dilakukan dengan menggabungkan panel-panel beton pracetak yang direkatkan oleh baut. Panel struktur yang digunakan pun memiliki bentuk sederhana, baik dari ukuran dan bahan bangunannya. Dengan menerapkan sistem modular, membuat bangunan rumah dapat dirubah dan dikembangkan sesuai keinginan atau kebutuhan penghuninya.

Manfaat RUSPIN selain bisa digunakan sebagai hunian permanen, RUSPIN juga bisa dijadikan sebagai hunian sementara, hingga rumah darurat bagi pengungsi bencana alam.

Keunggulan RUSPIN

Agar anda bisa lebih memahami apa itu RUSPIN, maka berikut beberapa kelebihan dari jenis rumah RUSPIN ini.

Pembangunan rumah yang lebih singkat dibandingkan pembangunan rumah konvensional, bahkan jangka waktu pengerjaannya bahkan tidak sampai sebulan.

Pengerjaan RUSPIN dua lantai hanya membutuhkan waktu 8 hari, dengan rincian 4 hari untuk pembangunan struktur lantai satu, sementara 4 hari lainnya untuk pembangunan struktur lantai dua.

Rumah ini juga dibangun dengan struktur yang sederhana, sehingga proses pengerjaannya tidak terlalu rumit dan dapat dikerjakan oleh jumlah pekerja yang sedikit.

Merupakan Konstruksi Fleksibel

Perlu anda ketahui bahwa konsep RUSPIN tidak hanya cocok diterapkan pada rumah sederhana, tetapi juga untuk hunian mewah pun bisa dibangun dengan konsep RUSPIN karena konsep ini bisa rubah dan dikembangkan sesuai keinginan dan kebutuhan pemilik rumah.

Kelebihan lainnya adalah, pembangunan rumah dengan teknologi modular hanya membutuhkan panel struktur yang sederhana.  Khusus RUSPIN, ada dua panel struktur yang digunakan. Selain itu, bahan dan ukuran yang diperlukan untuk membangun rumah juga sederhana.

Konstruksi kuat, sebab walaupun menggunakan teknologi modular, RUSPIN memiliki konstruksi yang kuat dan kukuh,dimana konstruksi rumah ini telah lolos uji simulasi. Adapun berdasarkan hasil uji simulasi tersebut, RUSPIN dua lantai dapat digunakan di daerah yang termasuk dalam wilayah gempa cukup berat, seperti Denpasar, sehingga tidak heran rumah RUSPIN menjadi salah satu model rumah tahan gempa di Indonesia.

Estetis. Bentuk bangunan RUSPIN pun tampak estetis, dengan meminimalisasi tampilan luar baut dan pelat sambungan. Selain itu, penggunaan panel kolom juga diminimalisasi agar ruangan di dalam rumah lebih luas.

Sekedar informasi, walaupun RUSPIN dikembangkan oleh pemerintah melalui Kementerian PUPR, rumah jenis ini juga bisa dikembangkan oleh developer properti swasta.

Sekian informasi mengenai mengenal RUSPIN merupakan rumah modular tahan gempa yang bisa menjadi pilihan anda dalam konsep membangun rumah yang lebih cepat dan hemat biaya sekaligus tahan gempa.