Cara Memilih Kontraktor Yang Bagus

Cara memilih kontraktor yang bagus bisa melihat dengan cara ini, di mana hasil yang diberikan nantinya akan sebanding dengan uang yang kamu keluarkan. Dalam mencari kontraktor baik rumah dan gedung tentunya tidak sembarang memilih.

Kamu tentunya wajib mengetahui cara pemilihannya baik dilakukan secara mandiri maupun menggunakan referensi dari orang yang pernah menggunakannya.

cara memilih kontraktor yang berpengalaman

5 Cara memilih kontraktor yang bagus

Hal yang harus kamu pertimbangkan dalam menentukan pilihan kontraktor yang bagus agar nantinya tidak menyesal. Ada beberapa poin yang harus kamu perhatikan yang akan dirangkum dibawah.

Di mana tentunya jika mempercayakan sepenuhnya kepada kontraktor pengerjaan baik rumah maupun gedung. Kamu wajib mempertimbangkan beberapa hal.

Berikut beberapa cara memilih kontraktor yang baik dan simak ulasan tipsnya berikut.

Pastikan memiliki legalitas jelas

Hal yang wajib kamu perhatikan adalah mengenai legalitas dari kontraktor yang kamu gunakan. Pastikan mengetahui informasi kontraktor yang sedang digunakan.

Di mana merupakan hal wajib untuk mengetahui seluk belu legalitas dari kantor tersebut. Jika ingin hasil yang baik pastikan memiliki legalitas berupa kantor fisik, berbentuk PT dan juga memiliki beberapa portfolio.

Surat izin usaha yang berlaku dalam pembangunan property juga cukup menjadikan salah satu bukti legalitas perusahaan tersebut bagus.

Selain itu kamu juga perlu lihat apakah ketika waktu dating pertama kali atau bertemu pihak kontraktor. Pihak tersebut memberikan semacam layanan kepada pelanggan dengan baik.

Untuk layanan tersebut bisa diajukan dengan pertanyaan serta jawaban yang menurut kamu masuk akal dan sesuai. Selain itu biasanya professional kontraktor akan memberi masukan kepada kamu untuk konsep yang bagus dalam pembangunan.

Harga yang masuk akal

Pastikan kamu sebelum berkunjung ke kantor kontraktor pastikan mengetahui harga pasaran dari pembangunan rumah baru, renovasi rumah atau pembuatan gedung.

Di mana hal ini saat penting agar nantinya tidak merugikan kamu, karena di berikan harga yang tinggi.

Selain itu kamu juga patut mencurigai dengan harga kontraktor yang terlalu murah.Biasanya bahan yang digunakan tidak berkualitas dan terkesan asal-asalan.

Cara terbaik untuk menentukan harga kontraktor adalah melakukan searching di internet kontraktor terdekat kamu. Atau juga bisa dengan menghubungi satu-satu dari penyedia kontraktor tersebut.

Selain itu kamu juga bisa bertanya pada para pelanggan yang sudah menyelesaikan pengerjaan tersebut. Apakah hasilnya memuaskan atau tidak, hal ini untuk mengetahui kulitas dari kontraktor.

Memberikan jaminan

Di mana biasanya kontraktor yang bagus akan memberikan jaminan berupa permasalhan jika suatu saat terjadi masalah. Misalnya saja jaminan garansi perbaikan dalam waktu 3 bulan.

Hal ini untuk menghindari masalah seperti retak, kerusakan pada atap, bocor dan lain-lain. Pastikan hal seperti ini disanggupi oleh penyedia kontraktor.

Sebab hal inilah merupakan tanggung jawab dari kontraktor pembuat rumah atau gedung yang dibangun. Hal inilah yang wajib di sepakati bersama di dalam surat perjanjian pada awal kali melakukan transaksi.

Surat perjanjian kerja

Yang mana pastikan kamu memegang dari jenis SPK ini, sebagai bukti kuat jika terjadi permasalahan seperti bedanya stuktur, bahan dan lain sebagainya. Yang mana wajib di akukan tanda tangan bermanterai.

Pastikan memegang 2 rangkap yakni satu untuk kontraktor dan satu untuk pemberi project yakni kamu.

Ada beberapa point yang wajib diperhatikan seperti:

  • Lamanya waktu pengerjaan.
  • Bahan material apa saja yang disepakati dan digunakan.
  • Desain dari bangunan.
  • Harga yang disepakati.
  • Hal apa saja yang tidak boleh digunakan atau dihindari.

Pastikan poin-poin tersebut ada di dalam SPK yang dibuat.

Banyaknya portfolio pengerjaan

Di mana untuk melihat atau mengetahui bagus tidaknya suatu kontraktor dapat dilihat dari portfolio pengerjaannya. Yang mana mampu memberikan contoh pengerjaan yang sudah dilakukan.

Cara ini bisa dilihat baik video amupun foto atau kamu bisa menanyakan langsung ke client jika hal tersebut merupakan rekomendasi dari teman atau keluarga.

Pengerjaan yang bisa dilihat meliputi dari pemasangan dinding, pengecatan, keramik, genteng, atap, finishing dan lain sebagainya.

Semakin banyak portfolio yang diberikan, itu merupakan tanda bahwa kontraktor properti tersebut memiliki pengalaman yang cukup baik.

Sebab proyek yang dikerjakan khususnya pembangunan rumah baru tentunya memakan biaya yang besar. Apalagi jika dibangun dengan 2 lantai atau bahkan lebih.

Hal inilah juga sebagai pertimbangan untuk melihat hasil pengerjaan sebelum-sebelumnya, agar kamu terhindar dari kontraktor yang negatif.

Akhir kata

Itulah cara memilih kontraktor yang bagus yang bisa menjadi pertimbangan sebelum memutuskan apakah kamu akan memakainya atau tidak.

Yang mana hal seperti inilah yang wajib diketahui khususnya yang baru terjun membeli rumah baru atau gedung baru, maupun melakukan renovasi.

Pastikan kamu menemukan kontraktor point terpenting adalah nomor 1 dan 2 mengenai legalitas perusahaan kontraktor dan juga harga yang di sepakati.

Sebab hal tersebutlah yang akan menentukan keseluruhan rangkaian pembangunan dari rumah atau gedung yang dikerjakan.

Dan jika dirasa harga tidak sesuai dengan budget yang dikeluarkan.

Kamu bisa memilih opsi dengan sistem tukang borongan ataupun sistem tukang harian. Hal ini hanya berlaku untuk pembuatan rumah ataupun renovasi rumah.

Sebab untuk jasa tukang harian atau borongan biasanya akan lebih hemat biaya. Namun untuk tuntutan seperti SPK atau garansi mungkin kamu urungkan. Asalkan kamu memantau pekerjaan tersebut setiap harinya agar sesuai dengan apa yang diinginkan.