Cara Mengecek Sertifikat Tanah Asli atau Palsu

Cara mengecek sertifikat tanah asli atau palsu saat ini dapat dilakukan dengan mudah salah satunya melalui layanan online. Kamu sekarang tidak perlu ribet lagi seperti dahulu untuk mengecek langsung ke kantor Badan Pertanahan Nasional atau BPN.

Dengan adanya layanan online sertifikasi tanah dapat di cek bukti autentiknya secara secara terupdate dikapan saja dan dimana saja. Hal ini dilakukan sangat penting bagi kamu yang ingin menjual tanah maupun baru ingin membeli tanah.

Sebab dengan adanya sertifikasi ini merupakan salah satu bukti kuat untuk pemilik membuktikan bahwa tanah yang dijual adalah aman. Serta pembeli juga merasa aman juga tentunya sebab apa yang ingin dibeli bukan merupakan tanah sengketa.

aplikasi cek sertifikat tanah di ios

Cara mengecek sertifikat tanah asli atau palsu

Untuk mengecek sertifikasi tanah tentunya wajib terupdate dan paling baru. Dan bagi kamu khususnya penjual jangan sampai malas dalam mengeceknya. Sebab hal ini untuk menghindari mafia tanah atau sengketa tanah di masa akan datang.

Apalagi tanah yang dimiliki memiliki lahan seluas lebih dari 1 hektar, tentunya hal semacam ini wajib kamu ketahui seluk beluknya secara detail.

BPN atau Badan Pertanahan Nasional kini memberikan kemudahalan dalam cara cek sertifikat tanah asli atau palsu secara online melalui aplikasi khususnya di hp Android dan iPhone IOS.

Dengan layanan yang bernama Sentuh Tanahku kamu bisa mengecek terupdate apakah sesuai dengan nama kita sertifikat fisik asli atau tidak. Jika mengalami perbedaan nama atau masih atas nama pemilik tanah lama.

Segeralah untuk mengurusnya dengan mengubah menggunakan nama terbaru kamu agar lebih aman kedepannya. Selain itu aplikasi Sentuh Tanahku juga menyediakan layanan keluhan dan pelanggan bagi kamu yang ingin melakukan perubahan data dan pengecekan lebih lanjut.

Saat ini pengecekan secara tradisional dengan datang langsung ke tempat lokasi kantor BPN sudah tidak digunakan lagi dan merupakan cara lama yang memang perlahan mulai ditinggalkan. Kecuali jika kamu memang ingin melakukan perubahan data jual beli barulah datang ke kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Mengenal aplikasi Sentuh Tanahku

Taukah kamu apa itu aplikasi Sentuh Tanahku?

Aplikasi ini merupakan buatan dari pemerintah Indonesia melalui Kementrian Agraria dan Tata Ruang (ATR) dan Badan Pertanahan Nasional (BPN). Di mana bisa di download Appstore dan Playstore secara grtais hanya dengan menggunakan alamat email, telepon dan membuat kode sandi.

Apa saja yang ada di aplikasi Sentuh Tanahku yang harus kamu pahami:

  • Di mana di dalam aplikasi ini banyak informasi yang sangat lengkap mengenai program-program strategis dari Kementrian ATR dan BPN.
  • Terdapat banyak informasi mengenai status dari kepemilikan tanah langsung dan akses mulai dari blokir, berakhirnya hak tanah hingga status berkas aktif maupun tidak.
  • Sebagai aplikasi kenegaraan yang terpetakan dan lerbih terstruktur.
  • Di mana membantu untuk petugas khususnya survey dalam menemukan lokasi tanah secara mudah.
  • Mengetahui baik pihak pembeli dan penjual mengenai status tanah terbaru.
  • Terdapat informasi kepimilikan dan juga kewajiban dalam pembayaran.
  • Dapat melakukan pelacakan berkas-berkas di Kantor Pertanahan yang mana untuk mempermudah perhitungan.

Cek sertifikat tanah secara online lewat Sentuh TanahkuCek sertifikat tanah secara online lewat Sentuh Tanahku

Cek sertifikat tanah secara online lewat Sentuh Tanahku

Buat kamu baik penjual tanah maupun ingin membeli tanah baru, dapat dengan mudah menggunakan aplikasi cek sertifikat tanah dari BPN. Pengecekan aplikasi ini sangatlah mudah dilakukan hanya terhubung ke internet baik seluler maupun jaringan WIFI.

Dan kamu selanjutnya bisa mengikuti beberapa lagkah penggunaannya dibawah ini:

  • Download terlebih dahulu aplikasi Sentuh Tanahku melalui Appstore dan juga Playstore secara gratis.
  • Jika sudah terdownload buka aplikasi tersebut.
  • Registrasi agar bisa menggunakan aplikasi menggunakan alamat email yang aktif.
  • Jika sudah buat user dan kata sandi untuk akses login kedepannya.
  • Perika aktivasi di email masuk atau spam dan klik link tautan tersebut.
  • Lalu aktivasi akun pengguna akan aktif.
  • Jika sudah kamu bisa menggunakan login kembali menggunakan username dan password yang sebelumnya telah kamu buat.
  • Lalu pilih pada layanan cek berkas BPN online untuk mengetahui cek status terbaru berkas dari tanah saat ini.
  • Lalu kamu pilih pada bagian menu info sertifikat untuk melihat nomor sertifikat dan akan muncuk info berupa data-data dari pemilik. Apakah nama tersebut sesuai dengan terdaftar KTP atau belum.

Jika terjadi permasalahan mengenai sertifikat tanah

Buat kamu yang bingung jika terdapat informasi yang salah seperti alamat, nama hingga masih menggunakan data lama atau sertifikat tidak aktif.

Kamu bisa menggunakan bantuan layanan laporan sertifikat di dalam aplikasi langsung. Di mana caranya cukup mudah dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka aplikasi dari Sentuh Tanahku dan cari pada menu laporan sertifikat dan klik.
  • Jika sudah masukan kronologi permasalahan yang kamu hadapi dan input nama kantor pertanahan, nama desa, nama pemilk, jenis hal dan juga nomor dari sertifikat.
  • Jangan lupa untuk melampirkan dari foto bukti sertifikat yang mengalami masalah (bentuk fisik asli).
  • Jika sudah dalam beberapa hari pihak BPN akan memberikan informasi kepada kamu mengenai keluhan dengan menelepon nomor yang terdaftar di dalam aplikasi Sentuh Tanahku.