Cara Membuat Pagar Dari Bambu Unik dan Keren

Cara membuat pagar dari bambu unik dan keren ini bisa menjadi inspirasi buat kamu dalam mencari tips bambu apa saja yang cocok untuk di jadikan pagar. Tentunya pagar menjadi salah satu hal terpenting untuk sebagai penghias serta melindungi rumah khususnya soal keamanan.

Kamu bisa mencari inspirasi jika ingin membangun pagar menggunakan bahan bambu. Selain harga murah yang bisa kamu dapatkan, tentunya tampilan desain dari rumah kamu akan semakin unik dan tentunya berbeda.

Tips pemilihan bambu terbaik

5 Cara membuat pagar dari bambu unik dan keren

Setidapnya ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan dalam pemilihan bahan bambu apa saja yang cocok untuk dijadikan pagar keren.

Di mana bambu bambu ini dipilih memang didasarkan untuk kebutuhan dekorasi desain dari rumah. Dan salah satu dekorasi tersebut bisa digunakan untuk kebutuhan dalam pembuatan pagar.

Umumnya rumah yang memiliki pagar bambu, memiliki tema khususnya natural dan banyak ornamen sentuhan kayu pada rumahnya.

Kamu perlu mengenali jenis-jenis bambu dalam pembuatan pagar, sehingga nantinya mengetahui bambu jenis apa yang cocok figunakan.

Pemilihan bambu

Hal pertama kali dalam cara membuat pagar dari bambu unik dan keren adalah dengan pemilihan bambu. Kamu wajib mengetahui bambu seperti apa yang cocok dan pas digunakan untuk dijadikan pagar.

Untuk hasil yang baik dan elegan tampilannya kamu bisa memesan bambu khusus seperti bambu Jepang. Yang mana memang memiliki warna yang sangat kunning dan sangat cocok jika di sandingkan dengan beberapa tambahan dekorasi seperti pepohonan di sekitar pagar.

Selain itu ada pilihan jenis bambu lainnya yang bisa kamu gunakan yakni cendani yang mana sering digunakan untuk pembangunan rumah di perdesaan.

Di mana bambu ini juga terbilang cukup kuat dijadikan pagar dan bisa bertahan hingga puluhan tahun.

Perendaman dan pengeringan bambu

Jika sudah menemukan bahan bambu yang dipilih untuk dijadikan pagar, tahap berikutnya adalah melakukan perendaman pada bambu di mana sekitar 1 – 2 ulan lamanya.

Mengapa demikian? Hal ini untuk membuat bambu lebih tahan lama terutama ketika terkena air hujan.

Selain itu merendam bambu juga bisa mengelupas serpihan-serpihan di area halus pada batang bambu yang mengakibatkan gatal-gatal.

Dengan merendam salah satu cara membuat bambu lebih bersih dan tentunya awet dalam jangka waktu panjang.

Jika sudah di rendam dalam kurun waktu 1-2 bulan lamanya, lakukan pengeringan pada bambu selama 7 hari untuk mendapatkan hasil maksimal.

Jangan lupa diperhalus pada area bambu bisa menggunakan amplas kasar atau halus. Agar bulu halus yang masih sisa melekat pada bambu menghilang.

Untuk melakukan amplas pada bambu pastikan permukaan ketika kamu pegang aman dan tidak menimbulkan luka akibat bulu halus bambu.

Membuat pola bambu

Tahap selanjutnya adalah dengan membuat pola bambu yang mana antara satu bambu dengan yang lainnya kamu ikat dengan kuat. Bisa menggunakan tali maupun tali yang terbuat dari bambu tipis diikat.

Pastikan pola yang kamu buat ini memiliki kekuatan yang mampu menahan beban hingga 100 Kg.

Jika sudah mendapatkan pola untuk pagar rumah, tahap berikutnya adalah dengan menancapkan bambu ke tanah. Pastikan kamu sudah menentukan dengan membuat lobang-lobang di titik mana yang ahrus di tancapkan.

Untuk kedalaman ideal bisa menggunakan ukuran 20-40 cm dari dataran atas darat ke dalam permukaan tanah.

Pastikan antara satu bambu dengan yang lainnya saling rapat dan tidak ada celah yang terlalu begitu lebar.

Selain itu kamu juga bisa melakukan menata bambu terlebih dahulu barulah kamu tancapkan ke dalam tanah.

Merapihkan bambu

Agar lebh rapih kamu bisa merapihkan bambu dengan cara membuat potongan sama rata antara bambu satu dengan yang lainnya.

Di mana pastikan ketinggian keseluruhan ketika membuat pagar sama dan tidak tumpang tindi ada yang tinggi dan ada yang rendah.

Kamu bisa memotong pada bagian atas bambu agar mendapatkan hasil yang baik.

Dan pastikan juga tali yang melekat pada bambu-bambu tersebut kamu tes dengan mendorong pagar tersebut. Apakah sudah kuat atau belum untuk memastikan kekuatan pagar bambu.

Lalu dilanjutkan dengan melakukan pemolesan dengan pengecetan sesuai warna keinginan kamu.

Jika ingin hasil yang tahan lama kamu bisa gabungkan dengan cairan anti rayap pada bambu tersebut dan digabungkan dengan cat.

Rekomendasi warna pilihan yang bagus adalah cokelat dan juga warna kuning seperti halnya bambu.

Kamu bisa menggunakan cat tinet maupun cat air dalam merapihkan bambu agar siap untuk digunakan.

Menambah dekorasi

Jika sudah melakukan cat tunggu dalam waktu 1-2 hari sampai benar-benar cat di bambu mengering.

Lalu kamu bisa menambahkan dekorasi pada pagar bambu yang digunakan, dekorasi tersebut bisa ditambahkan berupa pepohonan baik di tanah maupun tanaman yang merambat untuk memperindah tampilan pagar.

Akhir kata

Itulah cara membuat pagar dari bambu unik dan keren yang bisa kamu coba di mana budget membuat bambu akan jauh leboh murah jika dibandingkan dengan cor-coran.

Selain dari keindahan yang di dapatkan pagar bambu ini terbilang unik dan sangat jarang sekali digunakan khususnya di masayarakat perkotaan.