Cara Mengajukan Kredit Agunan Rumah

asriland.com – Bagi anda yang membutuhkan dana cepat untuk kebutuhan seperti melakukan renovasi rumah sementara anda tidak memiliki dana tabungan yang mencukupi, maka kredit agunan rumah bisa menjadi solusi bagi anda telah resmi memiliki rumah dan serfikat. Berikut cara mengajukan kredit agunan rumah yang bisa anda simak dibawah ini.

Untuk mengajukan kredit agunan rumah dengan tujuan renovasi rumah bisa anda lakukan dengan mudah sebab saat ini saat ini terdapat beberapa layanan perbankan yang memiliki program khusus kredit renovasi rumah yang memiliki skema kredit yang berbeda ketika anda mengajukan kredit usaha dengan agunan rumah yang umumnya memiliki bunga yang lebih tinggi serta syarat yang sedikit lebih rumit sebab anda harus memperlihatkan perkembangan usaha anda untuk disebut layak mendapatkan kredit dan dengan plafon berapa.

Melakukan renovasi rumah tentu tidak membutuhkan dana yang sedikit bahkan apabila anda melakukan renovasi besar-besaran, nominalnya bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta tergantung renovasi apa yang anda lakukan dan besar kecilnya rumah anda serta kualitas bahan untuk renovasi. Belum lagi ditambah dengan tukang bangunan serta jasa desain rumah apabila anda membutuhkannya.

Maka dari itu, apabila anda membutuhkan dana besar dan waktu cepat, maka mengajukan kredit rumah untuk renovasi rumah bisa menjadu pilihan anda. Namun tentunya, sebelum mengajukan, anda harus mengukur kebutuhan serta kemampuan anda nantinya, agar kredit anda lancar dan aman hingga kredit renovasi anda tidak bermasalah kedepannya seperti telah membayar cicilan, kredit macet, dan lainnya sebagainya.

Cara Mengajukan Kredit Agunan Rumah

Kelebihan dan Kekurangan Kredit Agunan Rumah

Apa saja kelebihan dan kekurangan kredit agunan rumah? Dengan mengajukan kredit dengan menggunakan agunan rumah, selain anda mendapatkan dana segar untuk melakukan renovasi rumah secepatnya, anda juga menggunakan untuk berbagai kebutuhan lain seperti dana pendidikan, membeli kendaraan, travelling dan berbagai hal lainnya. Untuk lebih jelasnya, simak kelebihan dan kekurangan kredit agunan rumah sebagai berikut.

Kelebihan

  • Karena anda akan menggunakan rumah sebagai aset agunan yang merupakan aset bernilai tinggi dari sisi fisik dan investasi, maka umumnya tenor yang diberikan pun panjang bahkan bisa mencapai 15 tahun.
  • Kelebihan dari pengajuan kredit agunan rumah adalah anda bisa mengajukan plafon kredit hingga Rp10 miliar.
  • Dana kredit bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan.

Kekurangan

Memiliki risiko yang tinggi apabila anda gagal bayar, sebab aset yang anda jaminkan adalah rumah, sehingga anda harus benar-benar menjalankan kewajiban membayar cicilan pada setiap bulannya. Apalagi, bila rumah yang dijaminkan adalah hunian pribadi dan hanya satu-satunya. Sebab, bila sampai gagal melunasi kredit tersebut, rumah bisa disita oleh pihak bank.

Syarat dan Cara Pengajuan Kredit Agunan Rumah

Sama halnya pengajuan layanan perbankan lainnya, mengajukan kredit agunan rumah juga memiliki beberapa persyaratan yang harus anda penuhi sebagai berikut.

  • Lama bekerja karyawan min 1 tahun, lama usaha/profesi min 1 tahun.
  • WNI dengan usia minimal 21 tahun atau telah menikah, memiliki status karyawan tetap/wiraswasta/professional.
  • Usia Pemohon tidak melebihi 65 tahun.
  • Bersedia menandatangani perjanjian kredit dan APHT (Akta Pembebanan Hak Tanggungan).

Apabila anda merasa memenuhi persyaratan diatas, maka anda tinggal memilih layanan perbankan yang menyediakan layanan kredit agunan rumah lalu mengunjungi kantor cabang terdekat.

Berikut beberapa persyaratan dokumen beserta sertifikat rumah yang harus anda bawa sebagai syarat administrasi dalam mengajukan kredit agunan rumah yang bisa anda simak sebagai berikut.

Dokumen persyaratan untuk calon debitur berstatus wiraswasta atau pengusaha:

  • Fotokopi rekening koran atau tabungan 3 bulan terakhir
  • Pas foto pemohon dan pasangan (apabila sudah menikah)
  • Fotokopi akta pengesahan Menteri Kehakiman
  • Fotokopi Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
  • Fotokopi Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
  • Fotokopi akta pendirian/perubahan
  • Data keuangan perusahaan
  • Fotokopi izin praktek (dokter)

Dokumen persyaratan untuk calon debitur berstatus karyawan:

  • Form aplikasi kredit
  • Fotokopi KTP pemohon
  • Fotokopi surat nikah/cerai
  • Fotokopi KTP suami/istri
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  • Fotokopi NPWP/ SPT tahunan
  • Fotokopi SK pengangkatan pegawai tetap
  • Asli Slip Gaji satu bulan terakhir/Surat Keterangan Penghasilan

Bank Penyedia Kredit Agunan Rumah

Bingung mencari bank yang menyediakan kredit agunan rumah terbaik? tidak perlu bingung sebab terdapat banyak pilihan bank yang bisa anda simak sebagai berikut.

Bank Mandiri

Bank Mandiri pun memiliki layanan kredit agunan rumah dengan program bertajuk Mandiri KPR Multiguna.Fasilitas kredit ini menawarkan bunga mulai dari 6% fix 3 tahun pertama dengan minimum tenor 7 tahun.

Adapun maksimal limit pinjaman maksimal Rp10 miliar untuk pegawai dan professional, serta maksimal Rp200 juta untuk wiraswasta.

Bank Tabungan Negara (BTN)

Fasilitas kredit agunan rumah dari BTN dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan konsumtif . Seperti renovasi rumah, pembelian kendaraan, biaya pendidikan anak, travelling hingga naik haji.

Layanan ini memiliki keunggulan mulai dari plafon kredit bebas, tenor hingga 15 tahun, hingga proses pengajuan yang mudah dan cepat.

Bank Nasional Indonesia (BNI)

BNI Griya Multiguna adalah tajuk dari program kredit agunan rumah dari bank pelat merah ini. Fasilitas kredit ini menawarkan tenor hingga 10 tahun dan bisa digunakan untuk berbagai keperluan konsumtif.

Bank CIMB Niaga

Layanan kredit agunan rumah dari CIMB Niaga menawarkan jangka waktu pinjaman mulai dari 12 bulan hingga 60 bulan. Fasilitas pinjaman ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti dana darurat, renovasi rumah, dan lainnya.

Bank Danamon

Bank lainnya yang memiliki fasilitas kredit agunan rumah adalah Bank Danamon. Menawarkan plafon pinjaman hingga Rp8 miliar dengan jangka waktu angsuran 1 hingga 10 tahun.

Demikian informasi mengenai cara mengajukan kredit agunan rumah. Semoga berguna dan bermanfaat.