Cara Membasmi Serangan Rayap Pada Kusen Kayu

Cara membasmi serangan rayap pada kusen kayu sangatlah mudah, di mana kamu bisa menggunakan beberapa cara ini. Tips ini sukses untuk mengusir rayap dan membuat kayu kusen awet untuk jangka waktu yang lama.

Jika dibiarkan begitu saja kusen kayu terkena rayap, tentunya malah akan membuat rusak dan menjadi keropos. Biasanya kayu kusen yang sudah di hinggapi rayap akan lebih mudah terserang lagi di waktu mendatang.

Kamu perlu melakukan tindakan ini agar rayap tersebut tidak menyerang ke seluruh lapisan permukaan kayu. Dan tentunya cara mengtasi ini supaya tidak menjalar ke kayu kusen lainnya pada bangunan rumah yang ditempati.

serangan rayap pada kusen

Cara membasmi serangan rayap pada kusen kayu

Setidaknya di artikel ini akan memberikan tips terbaik buat kamu yang kayu kusennya terkena rayap. Kamu bisa memilih dari beberapa cara dibawah ini untuk mengusir serangga rayap 100% ampuh.

Rayap sendiri memang bisa dating dari mana saja baik dari tanah yang lembab maupun di area kayu yang sudah terkena lalu menjalar ke lain kayu.

Umumnya rayap ini lewat melalui sela-sela di bagian pada ubin keramik yang mana memiliki celah tanah dipinggir. Hal ini perlu diwaspadai, sebab rayap bisa membuat sarang di dalam kayu kusen untuk area perlindungannya.

Pastikan hal pertama yang harus kamu pahami ketika menghindari dari segala jenis rayap adalah jangan sampai kayu kusen dalam keadaan lembab.

Mengatasi serangan rayap menggunakan cairan rayap

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengetasi rayap yang sudah ada di kusen maupun belum. Kamu bisa menggunakan cairan rayap yang dijual bebas di toko material maupun online marketplace.

Untuk jenis cairan anti rayap ini berkisar seharga Rp 15 ribu sampai dengan Rp 25 ribu. Kamu bisa mendapatkan berbagai jenis merk semprotan rayap yang bisa digunakan.

Apalagi untuk melakukan perlindungan terhadap kayu yang sering lembab karena terkena cipratan hujan. Kamu bisa melakukan penyemprotan cairan rayap ini setidaknya sebulan 1-2x untuk kusen tetap awet.

Cairan ini juga bisa digunakan untuk kusesn yang sudah terkena hama rayap yang menepel pada kayu. Di mana bisa membasmi hingga rayap benar-benar mati dan menghilang 100%.

Jika kusen kamu terkena rayap setidaknya gunakan 2-3 botol dalam waktu 3 hari penyemprotan. Dan dijamin untuk kayu kusen yang kamu miliki akan hilang total dan rayap akan mati.

Menghilangkan rayap dengan campuran air dan sirih

Kamu bisa menggunakan campuran air dengan sirih untuk menghilangkan rayap pada lapisan permukaan kayu kusen dan juga dalam.

Perlu di ingat untuk sirih pastikan sudah dilakukan perebusan terlebih dahulu supaya air pada kandungan sirih larut semua.

Di mana kamu bisa merebus untuk 1 panci full dan lakukan perebusan selama 20-30 menit dengan api yang kecil.

Jika dirasa warna air pada sirih tersebut menghilang barulah kamu taruh di alat semprotan.

Untuk sirih yang digunakan kamu bisa menggunakan 8 lembar sirih dengan pani ukuran 22cm.

Jangan lupa untuk menyemprot cairan sirih tersebut secara merata di seluruh bagian kayu dan juga jika terdapat rayap semprotkanlah yang banyak pada bagian rayap tersebut.

Menghilangkan rayap menggunakan minyak tanah

Meski saat ini minyak tanah terbilang sulit untuk didapatkan, namun minyak tanah sangat ampuh untuk cara membasmi serangan rayap pada kusen kayu.

Di mana rayap akan seketika keluar dari kayu kusen dan langsung mati ditempat karena dari bau yang sangat menyengat.

Minyak tanah ini sendiri sangat panas dan menyebabkan rayap akan lebih mudah keluar dan tidak tahan terhadap cairan tersebut.

Minyak tanah ini digunakan jika kayu kusen sudah mengalami keropos yang snagat berat dan diperlukan tindakan yang lebih. Minyak tanah merupakan solusi yang paling baik untuk mengatasi rayap yang menempel pada pintu kusen.

Selain dari mengusir rayap, minyak tanah juga bisa digunakan untuk menghilangkan karat pada besi yang menempel.

Air cucian beras pertama yang berwarna putih

Jika kamu memasak nasi tunggu dulu air rendaman pertama pada beras jangan kamu buang terlebih dahulu.

Di mana bisa mengatasi serangan rayap untuk mencegah.

Yang mana saat kamu mencuci beras, simpan bagian pertama air tersebut dan pisahkan. Lalu siram langsung air cucian tersebut pada kayu yang ingin kamu semprot baik sudah terkena rayap maupaun belum.

Selain menggunakan percikan tangan, kamu juga bisa menggunakan semprotan botol.

Namun perlu diingat untuk air cucian beras ini hanya berguna untuk mengatasi cara pertama sebelum adanya semprotan cairan rayap, air sirih maupun minyak tanah.

Akhir kata

Itulah cara membasmi serangan rayap pada kusen kayu yang mapuh untuk yang paling ampuh bisa menggunakan urutan step:

  • Semprotan rayap.
  • Minyak tanah.
  • Air sirih.
  • Dan terakhir air cucian beras.

Kamu bisa menggunakan opsi semprotan rayap untuk kayu kusen yang memiliki kerusakan paling berat dan di campur dengan minyak tanah supaya lebih efektif.

Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam mengatasi rayap yang sudah menempel pada kayu kusen maupun untuk mengatasi.