Cara Mengecat Tembok Yang Lembab

Cara mengecat tembok yang lembab atau berlumut sangatlah mudah di mana dengan cara ini kamu bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Tentunya tembok yang memiliki kelembabab tinggi amupun terdapat lumut menjadi problem tersendiri.

Biasanya hal ini dijumpai ketika melakukan renovasi rumah dan area tembok tersebut berada diluar ruangan. Sebab jika tidak dilakukan cat akan menimbulkan masalah terutama kurang enak untuk dilihat dan juga membuat sarang jamur pada nantinya.

Cara mengecat tembok yang lembab dengan mudah

4 Cara mengecat tembok yang lembab dengan mudah

Kamu dapat dengan mudan untuk cara mengecat tembok yang lembab, dengan beberapa tips ini dijamin 100% untuk kedepannya tembok yang digunakan akan lebih awet.

Tentunya dengan melakukan cat tembok akan selalu bersih baik lumut dan jamur akan hilang.

Buat yang ingin mengetahui tips apa saja yang ampuh dalam pengecatan jenis tembok lembab? Simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Lakukan amplas pada tembok

Hal pertama kali yang bisa kamu lakukan untuk tembok yang lembab adalah dengan melakukan amplas pada seluruh area permukaan yang lembab. Di mana ini sangat berguna untuk menghilangkan jamur dan juga lumut yang menempel di tembok.

Amplas bisa menggunakan jenis amplas yang kasar maupun halus sama saja. Lakukan amplas selama satu haru dan pastikan area tembok tersebut benar-benar kering.

Untuk waktu terbaik pastikan tidak dimusim penghujan dan lakukan di musim panas tiba agar hasil pengecatan bagus nantinya.

Dan perlu di ingat sebelum melakukan amplas ada beberapa hal yang perlu dilakukan sebelumnya diantaranya:

  • Siram permukaan tembok secara merata untuk membersihkan area kotor, bisa kamu sikat menggunakan sikat kawat atau sikat lantai.
  • Jika sudah tunggu sampai kering.
  • Jika sudah keting kamu bersihkan area yang masih terdapat sisa jamur maupun lumut dengan kamu congkel atau sikat kembali.
  • Opsi pilihan paling bagus menggunakan cairan anti jamur untuk tembok.
  • Tunggu waktu 30 menit dan lakukan amplas hingga selesai dan benar-benar halus.
  • Diamkan area tersebut selama satu hari penuh untuk di hari kemudian dilakukan pengecata dasar.

Menggunakan cairan anti jamur tembok

Di mana opsi pilihan ini sendiri sangat bagus untuk membasmi anti jamur dan lumut yang membandel. Biasanya digunakan untuk jenis tembok yang memang sudah lama ditinggalkan pemilik dan sudah dihinggapi lumut dan jamur yang parah.

Kamu bisa membeli beberapa merk terkenal seperti nippon paint fungicidal wash.

Menggunakan cairan anti jamur tembok

Cairan ini sendiri mampu menghilangkan jamu hingga 99% yang menempel di tembok dan membersihkannya.

Untuk kemasan in tersedia 2 liter mulaid ari harga Rp 55 ribuan yang bisa didapatkan via online atau juga toko material.

Dan untuk pemakaian anti jamur ini cukup mudah basahi tembok dengan air secara merata lalu berikan cairan anti jamur dan gosokan. Jika sudah kembali kamu siram menggunakan air pada permukaan tembok tersebut hingga benar-benar bersih.

Dalam waktu 1-2 hari jamur dan lumut akan benar-benar hilang.

Melakukan pengecatan dasar warna

Perlu diingat dalam melakukan pengecatan tembok jika ingin menggunakan warna yang ingin kamu gunakan sesuai dengan pilihan.

Pastikan menggunakan cat warna dasar sebelumnya, warna dasar sendiri bisa menggunakan warna putih.

Di mana untuk pengecatan warna tembok yang lembab agar hasil maksimal tidak cukup warna utama saja. Kamu membutuhkan cat pelapis untuk digunakan.

Untuk pelapis sendiri bisa menggunakan cat jenis thinner agar hasil lebih bagus dan area lembab tersebut terutama jamur dan lumut benar-benar mati karena terkena cairan thinner.

Pastikan lakukan beberapa kali pengecatan dasar dan benar-benar merata pada seluruh area dinding yang memiliki kelembaban.

Tunggu hingga cat dasar tersebut mengering dengan sempurna dan rata.

Apabila sudah mengering barulah kamu menggunakan cat ulang kembali dengan pilihan warna utama.

Pengecatan warna utama dinding berlembab

Kamu bisa melakukan cat ulang dinding berlembab tersebut dengan pilihan warna yang kamu inginkan misalnya saja biru, merah, hitam, cream, kungin dan lain sebagainya.

Untuk jenis cat utama tidak ada spesifikasi khusus baik menggunakan thinner maupun campuran air sama saja.

Mengenai pemilihan jenis cat, carilah yang mudah di bersihkan terutama agar nanti ketika kotor bisa langsung di siram air untuk kedepannya agar menghindari lumut dan jamur.

Ada beberapa merek yang bisa kamu gunakan untuk cat mudah diberihkan seperti:

  • Dulux easy clean.
  • Dulux diamond stainresist
  • No drop.
  • Nippon paint.

Dan beberapa merek lainnya, untuk harga cat ini sendiri terbilang cukup mahal jika dibandingkan cat jenis biasa. Kamu bisa mendapatkan harga mulai dari Rp 150 ribu ke atas untuk jenis car yang mudah disikat dan dibersihkan.

Selain itu cat jenis ini juga tersedia anti panas dan juga hujan terkena jamur dan lumut tergantung jenis dan merk apa yang kamu beli.

Akhir kata

Itulah cara mengecat tembok yang lembab yang memiliki tingkat jamur dan lumut yang tinggi. Dengan cara pengecatan ini tembok kamu akan lebih awet digunakan dalam waktu yang lama dan membuat tembok kembali bersih seperti semula.

Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan ilmu baru kepada kamu yang ingin menguasai teknik pengecatan yang benar.