Cara Menjadi Freelance Agen Properti Yang Sukses

asriland.com – Bidang properti memang terkenal sebagai salah satu peluang bisnis yang sangat menggiurkan bagi banyak orang, dimana keuntungannya yang besar dan banyak dicari orang. Bagi anda yang ingin memulai bisnis sebagai agen properti, berikut cara menjadi freelance agen properti yang sukses.

Perlu anda ketahui bahwa berbisnis properti tidak harus diawali dengan modal besar atau harus bergabung dengan perusahaan properti yang populer, tetapi anda bisa memulai menjadi freelance agen properti yang saat ini merupakan profesi yang banyak diminati oleh orang-orang yang tertarik dengan dunia properti karena terbukti bisa memberikan penghasilan yang besar walaupun memulai hanya dengan modal bahkan tanpa modal sekalipun.

Mengapa demikian? Merujuk pada Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia (Permendagri) No.15 tahun 2017 tentang Perusahaan Perantara Perdagangan Properti (P4), dimana dalam Pasal 12 ayat 1 disebutkan bahwa agen properti bisa mendapatkan komisi sebesar 2-5% dari total harga jual properti tersebut.

Sebagai contoh, apabila seorang agen properti berhasil membantu menjual salah satu rumah yang dibanderol dengan harga Rp500 juta, maka sesuai kesepakatan dengan penjual, bila rumah tersebut laku maka agen mendapatkan komisi 5% yang artinya agen properti akan mendapatkan 5% dari 500 juta yakni total 25 juta dan itu merupakan keuntungan bersih.

Selain keuntungan yang besar, freelance agen properti juga bisa mengatur ritme kerja dan targetnya sendiri tanpa terikat dengan perusahaan atau badan usaha tertentu. Jadi kembali kepada keputusan anda, apakah anda akan menjadi freelance agen properti secara full time atau menjadikannya sebagai pekerjaan sampingan tanpa mengganggu pekerjaan utama anda.

Langkah Sukses menjadi Freelance Agen Properti

Cara Menjadi Freelance Agen Properti
Real estate agent holding keys in front of a beautiful new home.

Namun tentunya menjadi freelance agen properti yang sukses tidak semudah membalikkan telapak tangan sebab profesi ini bisa menjadi sangat menantang dengan segala dinamika pemasaran dilapangan. Sebab seperti yang kita ketahui bersama, properti merupakan aset dengan nilai jual yang tinggi sehingga untuk menjual properti memerlukan ketekunan, strategi dan ilmu pemasaran yang tepat, komunikasi yang handal dan hal-hal lainnya.

Bagi anda yang berminat menjadi freelance agen properti yang sukses, berikut tips yang bisa anda lakukan sebagai berikut.

Rajin Mengikuti Seminar Bisnis Properti

Sebagai agen yang berjualan properti maka Product knowledge merupakan poin penting yang harus anda kuasai dan pahami sebab anda harus mengenal dengan baik produk yang hendak dipasarkan atau ditawarkan kepada klien. Adapun cara mengupgrade kemampuan Product knowledge, anda bisa rutin mengikuti seminar tentang bisnis properti.

Mengasah Skill Pemasaran Properti Lewat Pelatihan

Hal penting selanjutnya yang harus anda kuasai adalah kemampuan dalam memasarkan sebuah produk seperti cara membuat iklan properti yang efektif dan menjangkau banyak orang, dan tekik pemasaran lainnya.

Menjadi Freelance Agen Properti di Kantor Agensi

Selajutnya, anda juga bisa bergabung menjadi freelance agen di agensi properti terpercaya, dimana ada banyak freelance agen properti yang juga bernaung di bawah bendera agensi tertentu.

Dengan menjadi freelance agen properti di kantor agensi tentunya akan memperbesar peluang anda mendapatkan lebih banyak listing dan juga anda berkesempatan untuk mendapatkan pelatihan secara rutin, walaupun berstatus freelance agen properti.

Bergabung dengan Asosiasi Broker/Agen Properti Terpercaya

Memiliki relasi profesi yang luas adalah salah satu aspek penting dalam menunjang karier agen properti. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menambah relasi profesi adalah, bergabung dengan organisasi atau komunitas broker/agen properti. Setidaknya ada dua organisasi populer di tanah air yang bisa menjadi referensi anda yakni Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (AREBI) dan Real Estate Indonesia (REI).

Pemasaran Digital

Poin terakhir yang jangan sampai anda lewatka adalah denga maksimalkan seluruh platform pemasaran secara digital online. Dimana dengan pemasaran digital, akan memperluas jangkaun calon pembeli anda dengan memperluas informasi tersampaikan ke banyak orang yang lebih efektif dibandingkan anda mendatangi satu persatu rumah orang untuk menawarkan properti anda.

Untuk pemasaran digital, anda bisa memaksimalkan pemasaran di sosial media, situs jual beli rumah, beriklan online, dan berbagai forum rumah yang menawarkan listing properti berdasarkan wilayah.

Sekian informasi mengenai cara menjadi freelance agen properti yang sukses, semoga bisa menjadi referensi bagi anda yang berminat terjun dalam dunia properti.