Alat Keselamatan Kerja K3 dan Fungsinya

Alat keselamatan kerja k3 dan fungsinya ini sangat bermanfaat terutama buat kamu yang sedang mendapatkan pekerjaan dalam membangun rumah maupun gedung.

Di mana k3 ini merupakan alat keselamatan kerja sekaligus sebagai perlindungan diri dari mulai kepala hingga bagian kaki.

Banyak alat keselamatan k3 ini digunakan sebagai standar proyek besar khususnya dalam pembuatan gedung bertingkat tinggi dan juga proyek yang memiliki pengerjaan rumit.

9 Alat keselamatan kerja k3 dan fungsinya

Kamu tentunya wajib mengetahui alat penting tersebut mulai dari jenisnya dan juga fungsinya. Di mana semuanya akan dibahas secara lengkap dibawah ini.

Helm pengaman

Merupakan salah satu alamat keselamatan kerja terpenting yang wjaib dimiliki oleh seluruh pekerja. Di mana sangat berfungsi sebagai pelindung kepala akibat miss dari runtuhan atau jatuhan suatu benda.

Helm pengaman

Standar keamanan helm ini banyak digunakan terutama oleh para kontraktor pembangunan besar. Dan pastikan ketika melakukan pekerjaan jangan sekali-kali untuk melepas alat ini kecuali di jam selesai atau istirahat.

Untuk jenis pembangunan gedung maupun apartemen biasanya digunakan untuk jenis helm tipe e yang memiliki anti benturan dan juga bisa menahan paparan dari benda seperti volt pada listrik.

Pastikan standar keamanan dari helm ini wajib kamu gunakan ketika sedang dalam pembangunan proyek.

Kacamata pengaman

Di mana kacamata pengaman atau safety glasses ini sangat berguna bagi para pekerja yang terhubung langsung dengan benda-benda tajam seperti las, pemotongan benda dan lain sebagainya.

Alat pelindung kerja ini digunakan untuk melindungi mata secara total dari percikan bahan bangunan atau material dari yang dikerjakan.

Kacamata pengaman ini memiliki ketebalan yang luar biasa pada bagian kaca tersebut yang mana bisa melindungi mata dari paparan benda yang berbahaya.

Untuk jenis yang digunakan untuk konstruksi berat biasanya menggunakan jenis safety goggles.

Ear plug

Untuk pekerja kontruksi yang langsung terhubung pada bagian pemotongan, penyambungan, las dan lain sebagainya. Wajib menggunakan k3 ear plug ini.

Di mana mampu menahan kebisingan hingga 95% suara dari luar.

Yang mana alat pekerja ini dapat melindungi telinga kamu agar meminimalisir suara berisik dari luar. Dan benda ini biasanya untuk sekali digunakan setiap pekerjaan.

Masker

Ketika sedang dalam proses pembangunan masker sangat berguna untuk mengurangi debu dan bahan kimia yang masuk ke hidung dan mulut.

Di mana pastinya ketika membangun gedung maupun rumah masker sangat penting digunakan.

Sangat berbahaya jika terdapat bagian bau debu dan kimia yang memiliki kontak langsung ke saluran pernapasan.

Kamu wajib mengganti masker pekerja ini setiap harinya dan untuk kornidantor lapangan wajib menyiapkan masker seperti N95 setiap harinya untuk para pekerja.

Jangan sampai efek tidak menggunakan alat masker kamu mengalami sesak pernafasan akibat kemasukan debu atau benda cair yang berbahaya.

Ropmi safety

Di mana alat k3 untuk keselamatan kerja yang beguna bagi seluruh tukang bangunan khususnya untuk konstrukti bangunan beart.

Ropmi safety

Baik digunakan pada pagi, siang dan malam haru selama bekerja. Di mana berguna sebagai pemantul cahaya dan juga melindungi badan dari benturan benda-benda asing yang mengenai tubuh,

Rompi safety ini juga menjadi standar wajib untuk digunakan selain dari helm dan masker.

Sabuk pengaman atau safety belt

Alat keselamatan kerja yang wajib ada untuk mengamankan tubuh dari beban yang dibawa. Biasanya alat ini digunakan untuk pengerjaan pada area dekat dengan bagian luar gedung seperti apartemen.

Safety belt ini dapat menahan beban dari seluruh badan yang dibawanya.

Apalagi ketika melakukan finishing seperti pemasangan jendela pada apartemen atau bangunan tower tinggi. Alat safety ini sangat wajib digunakan agar terhindar dari kuatnya arah angina dari atas supaya kamu tidak jatuh.

Sarung tangan

Safety gloves ini melindungi area bagian tangan secara menyeluruh sangat baik untuk para pekerja. Di mana untuk pekerja yang berhubungan erat dengan benda-benda tajam dan beart.

Alat pelindung ini sangat tebal dan sangat kuat dalam menahan benda cair dan juga material yang panas.

Apabila kamu bekerja dengan keadaan benda kimia dan benda-benda berat seperti besi dan lain sebagainya. Wajib menggunakan sarung tangan ini untuk perlindungan diri supaya aman.

Untuk jenis sarung tangan yang biasa digunakan untuk konstrukti bangunan seperti sarung tangan anti listrik, kulit dan juga karet.

Sepatu boots

Jika bekerja untuk bangunan sepatu boots sangat wajib digunakan di mana alas kaki dari sepatu ini terbuat dari karet dan boots.

Jenis sepatu ini memanjang ke atas dan melindungi area bagian kaki kamu secara menyeluruh dari percikan benda asing dan juga berat yang mengenai area kaki.

alat keselamatan kerja sepatu boots

Sepatu boots sangat kuat dalam menahan seperti benda tajam semacam paku. Di mana kaki tentunya akan terlindungi dengan sempurna dengan material yang kuat dari bahan digunakannya.

Alarm

Penting sekali untuk komponen keselamatan kerja ini hadir di setiap pengerjaan bangunan. Fungsi alarm ini bertujuan untuk memperingatkan seluruh pekerja yang ada di dalamnya seperti jika terjadi kebakaran, keracunan gas dan lain sebagainya.

Sebab alarm ini merupakan komponen standar wajib yang dipakai oleh konstruksi seluruh bangunan.