Rekomendasi Asuransi Rumah Terbaik di Indonesia Terbaru

asriland.com – Anda sedang mencari asuransi rumah untuk prokteksi masa depan rumah anda, berikut rekomendasi asuransi rumah terbaik di Indonesia yang bisa anda simak dibawah ini.

Memiliki asuransi rumah merupakan hal yang kadang dianggap sepele oleh banyak pemilik rumah dimana manfaat dan fungsi asuransi rumah bisa sangat berguna di masa depan nantinya sebagai proteksi dan perlindungan apabila terjadi hal-hal yang tidak anda inginkan pada rumah anda sehingga nantinya anda tidak perlu dipusingkan lagi masalah biaya perbaikan rumah anda nantinya yang mana jumlahnya bisa sangat besar tergantung masalah atau musibah yang menimpa rumah anda.

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa namanya musibah adalah sesuatu yang tidak bisa diprediksi dan bisa terjadi pada siapa saja. Begitu pula musibah yang bisa menimpa rumah anda nantinya seperti musibah akibat kebakaran, sambaran petir, kejatuhan pesawat, hingga bencana alam yang tentunya anda tidak ingin mengalami itu semua menimpa rumah anda bukan? tetapi musibah adalah hal yang harus kita waspadai, dan disinilah peran penting dari asuransi rumah untuk memberikan perlindungan apabila terjadi sesuatu diluar kehendak anda.

Adapun asuransi rumah akan memberikan perlindungan dengan dasar sebuah perjanjian dimana selain menanggung biaya kerusakan bangunan, umumnya asuransi rumah juga akan mengganti total harta benda yang ada di dalamnya dan terkena dampak dari musibah tersebut.

Dasar Hukum Asuransi

Setelah memahami peran penting dari asuransi rumah, sebelum anda memutuskan untuk mencari produk asuran rumah terbaik, maka sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu dasar hukum dari asuransi rumah dimana dalam hukum asuransi merupakan peraturan tertulis yang mengikat dua pihak, yakni pemegang polis dan perusahaan penyedia asuransi dan akan terikat dalam surat perjanjian asuransi yang telah disepakati bersama.

Berikut lima dasar hukum asuransi rumah yang berlaku sesuai perundangan yang berlaku di Indonesia.

  • Undang-Undang No.2 Tahun 1992 tentang Usaha Perasuransian
  • Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) Pasal 1320 dan Pasal 1774
  • Kitab Undang-Undang Hukum Dagang (KUHD) Bab 9 Pasal 246
  • Peraturan Pemerintah (PP) No.73 Tahun 1992
  • Peraturan Pemerintah No.63 Tahun 1999

Rekomendasi Asuransi Rumah Terbaik

Rekomendasi Asuransi Rumah Terbaik di Indonesia

Dengan menyimak arti penting asuransi rumah sebagai perlindungan rumah anda nantinya, dan bagaimana dasar hukum dari perjanjian asuransi, maka anda bisa tenang dengan memiliki asuransi rumah sebab perjanjian asuransi rumah yang akan anda ambil telah dilindungi oleh UUD sehingga anda bisa memastikan bahwa kewajiban pihak asuransi rumah akan diterapkan ketika rumah anda benar-benar tertimpa musibah sesuai dengan isi perjanjian asuransi rumah anda.

Bagi anda yang berminat untuk memiliki asuransi rumah, berikut beberapa rekomendasi penyedia layanan asuransi rumah yang bisa menjadi reeferensi anda sebagai berikut.

AXA Mandiri

Rekomendasi pertama asuransi rumah yang bisa menjadi pilihan anda adalah asuransi AXA mandiri atau PT Axa Mandiri Financial Services. Layanan AXA MAndiri ini adalah bentuk kerja sama antara PT Bank Mandiri dan National Mutual International dan telah hadir selama lebih dari 17 tahun di Indonesia, mejadikan AXA Mandiri menjadi salah satu asuransi rumah terbaik yang dapat dijadikan anda jadikan pilihan.

AXA Mandiri memberi perlindungan terhadap risiko kerugian harta benda atau aset, serta kehilangan produksi perusahaan yang dijaminkan. Ada beberapa risiko yang dijamin oleh AXA Mandiri, di antaranya:

  • Kerusakan akibat kebakaran, sambaran petir, ledakan, kejatuhan pesawat, dan asap
  • Kerusakan akibat Bencana alam
  • Kehilangan akibat pencurian dan perampokan

Sebagai catatan, Sebelum anda melakukan klaim kerugian apabila terjadi hal buruk pada rumah anda, pastikan masa pertanggungan minimal asuransi telah berjalan selama 1 tahun. Adapun bentuk pergantian sendiri menggunakan mata uang rupiah atau USD, serta jalur distribusinya melalui pihak bank dan broker.

Sinar Mas

Rekomendasi selanjutnya adalah asuransi rumah dari Sinar Mas yang merupakan salah satu perusahaan asuransi rumah terbaik di Indonesia, yang telah berdiri sejak tahun 1985.

Sinar Mas memiliki polis asuransi yang diberi nama Simas Rumah Hemat yang dapat memberikan jaminan untuk rumah tinggal dan perabot rumah tangga.

Beberapa risiko yang di-cover oleh produk asuransi ini dapat anda simak sebagai berikut.

  • Kebakaran, sambaran petir, ledakan, dan kejatuhan pesawat
  • Kerusuhan, huru hara, terorisme, dan sabotase
  • Gempa bumi, letusan gunung berapi, dan tsunami
  • Banjir, badai, angin topan, asap, dan kerusakan akibat air
  • Kebongkaran dan pencurian

Selain itu, Sinar Mas pun akan memberi penggantian biaya tempat tinggal sementara jika rumah tidak dapat dihuni selama 3×24 jam.

Allianz

Dan terakhir, rekomendasi asuransi rumah selanjutnya adalah asuransi rumah dari Allianz. Salah satu polis asuransi yang dihadirkan perusahaan ini adalah RumahKu Plus, yang memberi ganti rugi hingga Rp20 miliar.

Nilai yang ditawarkan cukup tinggi, jika dibandingkan dengan polis perusahaan lainnya. Tidak hanya itu, Allianz juga memberi biaya akomodasi sementara, tanggung gugat hukum pribadi, dan santunan meninggal dunia.

Dalam program RumahKu Plus, terdapat dua jenis perlindungan yakni Houseowner dan Householder, dimana perbedaannya dapat anda simak sebagai berikut.

  • Houseowner: memberi perlindungan untuk bangunan, termasuk dinding, atap, lantai, garasi, dan pagar rumah tinggal.
  • Householder: memberi perlindungan untuk isi bangunan tempat tinggal, termasuk peralatan elektronik dan furniture.

Asuransi Rumahku pun menjamin beberapa risiko, yakni kerusakan akibat banjir, angin topan, badai, letusan gunung, dan gempa bumi.

Sedangkan risiko-risiko yang tidak dijamin oleh asuransi adalah sebagai berikut.

  • Kerusakan akibat perang
  • Kerusakan Pemberontakan
  • Kerusakan huru-hara
  • Pengambilan kekuasaan
  • Penyitaan dan pengambilan kerusakan berdasarkan perintah dari pemerintah yang sah
  • Kerusakan akibat senjata nuklir

Sebagai catatan, pada saat anda ingin melakukan klaim, maka anda dapat melaporkan kepada Allianz secara tertulis, lalu mengirimkan dokumen pendukung klaim yang diperlukan. Perhatikan batas waktu klaim yang tercantum, pastikan hal tersebut sesuai dengan ketentuan polis agar klaim anda bisa disetujui.

Demikian informasi mengenai rekomendasi asuransi rumah terbak di Indonesia, semoga berguna dan bermanfaat.