Cara Klaim Asuransi Rumah KPR BTN

Cara klaim asuransi rumah kpr BTN dapat dilakukan dengan mudah dan dengan cara ini kamu akan mendapatkan informasi yang benar. Bagi seluruh nasabah yang mengambil kpr dari Bank BTN tentunya akan mendaatkan asuransi rumah.

Yang mana saat pertama kali melakukan angsuran, sudah pasti cicilan tersebut termasuk dengan klaim asuransi sampai rumah kamu lunas. Asuransi rumah ini menjadi hal yang wajib dilakukan jika terjadi suatu musibah yang tidak kamu inginkan seperti kebakaran dan lainsebagainya.

Ada beberapa point penting untuk cara klaim asuransi rumah kpr BTN yang tidak boleh terlewatkan. Syarat yang paling utama adalah nasabah tidak boleh membayar telat angsuran dan wajib membayarnya dengan lancer agar bisa melakukan klaim asuransi rumah.

proses klaim asuransi rumah kpr

Cara klaim asuransi rumah kpr BTN

Lalu bagaimana cara klaim asuransi untuk rumah kpr?

Kamu akan mendapatkan pengganti berupa yang tunai kepada nasabah sebagai bagian dari kesepakatan yang terdapat didalam polis asuransi. Yang mana perjanjian tersebut secara sah baik tertulis maupun secara hokum yang berlaku.

Jika terjadi rusak pada rumah kprn BTN yang dihuni, nasabah wajib melakukan klaim asuransi rumah secepat mungkin agar tidak hangus.

Yang mana biasanya jangka waktu yang diberikan tidak sampai dengan 14 hari setelah kerusakan tersebut. Tergantung asuransi yang digunakan dan kesepakatan awal saat mengambil cicilan.

Untuk cara klaim asuransi rumah kpr BTN secara penuh kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

Ketahui asuransi apa yang kamu gunakan

Pastikan kamu sudah memegang buku polis asuransi ketika tahapan akad kredit pertama kali dengan pihak bank BTN. Dan pastikan tanyakan pihak asuransi apa yang digunakannya.

Di mana kamu perlu mengetahui perusahaan asuransi apa yang digunakan dengan jelas agar nantinya proses untuk menghubungi klaim akan menjadi lebih mudah.

Klaim dengan hubungi kontak asuransi dan memberikan informasi data diri

Pastikan kamu menghubungi asuransi yang bersangkutan segera mungkin, sebaiknya lakukan segera atau 1 hari setelah insiden kerusakan rumah terjadi.

Saat menelepon pihak asuransi yang tertera di nomor polis pastikan kamu memberi data yang benar kepada pihak asuransi.

Selain itu berikan detail mengenai nama pemilik, lokasi, kerusakan yang terjadi dikarenakan apa, besarnya kerusakan dan kerugian serta kontak yang bisa kamu hubungi untuk klaim berupa bukti dll.

Jika sudah pihak asuransi akan melakukan survei ke lokasi untuk memastikan bahwa dana yang kamu berikan adalah benar. Jika sudah pihak asuransi akan melakukan investigasi mengenai kerusakan yang terjadi dan akan melakukan klaim yang sesuai dengan tanggungan yang diberikan nantinya.

Melengkapi dokumen syarat

Pastikan jika sudah selesai melalukan survei kamu di haruskan dating ke lokasi kantor asuransi untuk menyelesaikan dokumen syarat pengajuan klaim. Di mana untuk merinci barang apa yang rusak dan bukti dari pembelian barang tersebut jika ada.

Kamu bisa memberikan bukti berupa rekaman atau aspek lain seperti foro sebagai bahan pertimbangan yang nantinya dilakukan dikantor kepolisian untuk dibuatkan surat keterangan polisi.

Selain itu kamu juga diminta untuk melengkapi dokumen seperti surat nikah, ktp dan surat keperluan lainnya untuk proses nantinya pencairan dana.

Pengajuan klaim dari asuransi

Jika kamu Sudha dating dan memberikan dokumen terkait yang diminta, tahapan selanjutnya adalah proses klaim yang mana untuk dilakukan validasi data.

Jika disetujui data kamu pada saat itu juga proses pencarian akan dilakukan maksimal 7 hari kerja dari data dokumen dan rekening yang tertera.

Pastikan memberikan nomor rekening yang sesuai agar uang kamu bisa masuk dan diproses oleh pihak asuransi.

Pentingnya asuransi kpr BTN

Di mana asuransi merupakan hal yang penting digunakan jika kamu menggunakan kpr BTN. Di mana menjadi salah satu perlindungan sampai rumah kamu benar-benar lunas.

Jangan sampai ketika kamu melakukan akad kredit perumahan kpr BTN tanpa adanya asuransi. Jika hal ini terjadi dan suatu saat terdapat musibah yang tidak terduga, hal ini akan merugikan kamu nantinya.

Sebab asuransi rumah ini akan mendapatkan sistem perlindungan khusus untuk bangunan yang dihuni. Dan bahkan tersedia cover asuransi 100% pergantian jika terjadi kerusakan.

Hal inilah kenapa asuransi menjadi yang bisa diandalkan untuk mengurangi resiko dari kerugian seperti kebakaran dan juga bencana. Yang mana nantinya asuransilah yang akan melakukan cover terhadap kerusakan rumah kita.

Apa saja yang dicover oleh asuransi untuk kpr BTN?

Setidaknya ada beberapa cover yang dilakukan oleh pihak kpr BTN untuk rumah kamu. Di mana termasuk all risk untuk pembelian rumah baru.

Apa saja yang dicover oleh asuransi? Simak berikut:

  • Terjadinya kerusakan akibat kejahatan dan huru hara.
  • Terjadinya bencana alam seperti topan, badai, banjir, letusan, tsunami, tanah longsor, dan juga gempa bumi.
  • Kerusakan akibat kerusakan air.

Hal yang tidak bisa dicover oleh pihak asuransi

Selain itu ada beberapa hal yang tidak bisa diklaim diantaranya adalah:

  • Perang
  • Polusi dan juga daerah yang terkontaminasi.
  • Nuklir dan radioaktif.
  • Terorisme.
  • Terjadinya perang.
  • Kehilangan pangsa pasar.
  • Faktor kesengajaan.
  • Dan lain sebagainya.

Itulah asuransi yang bisa dicover dan asuransi yang tidak bisa dicover dan pastikan membaca seksama mengenai perjanjian yang ada.