Menimbang Untung Rugi Bisnis Kontrakan dan Kos-kosan

asriland.com – Anda berminat melirik peluang bisnis kontrakan atau kos-kosan, maka tentunya anda harus benar-benar menimbang dengan cermat untung ruginya bisnis kontrakan dan kos-kosan yang menjadi salah satu peluang bisnis yang banyak dilirik orang-orang dengan kelebihan hunian maupun lahan.

Bukan rahasia umum lagi, salah satu investasi yang sangat menggiurkan saat ini selain investasi emas, atau deposito adalah investasi yang dilakukan dalam bidang properti. Mengapa demikian? sebab investasi ini dianggap memiliki prospek cerah di masa depan dimana faktanya di Indonesia sendiri mengalami defisit rumah karena rendahnya tingkat pasokan dibanding permintaan akan rumah layak huni.

Atas dasar inilah mengapa bisnis kontrakan dan kos-kosan merupakan salah satu investasi yang sangat potensial memberikan keuntungan besar, sebab hal ini tidak terlepas dari terbatasnya atau mahalnya hunian sehingga masih banyak orang yang mencari tempat tinggal sementara seperti kos-kosan, rumah kontrakan, ataupun sejenisnya. Sehingga tidak heran, mengapa bisnis ini menjadi primadona bagi orang yang memiliki kelebihan lahan untuk diolah menjadi kost, atau kelebihan hunian untuk investasi disewakan sebagai rumah kontrakan.

Untung Rugi Bisnis Kontrakan dan Kos-kosan

Keuntungan Bisnis Kontrakan dan kos-kosan

Seperti yang kita ketahui bersama, bisnis rumah kontrakan dan kos-kosan merupakan dua jenis investasi properti yang berbeda dengan keuntungan yang berbeda pula. Berikut keuntungan, bisnis kontrakan dan kos-kosan yang perlu anda ketahui.

Keuntungan Bisnis Kos-kosan

  • Permintaan yang tinggi apabila pemilihan lokasi kosan strategis, apalagi jika dengan kawasan perkantoran atau kampus ternama.
  • Bisa mendapatkan keuntungan tambahan dari usaha sampingan, seperti jasa cuci dan setrika pakaian, rumah makan, dan sebagainya.
  • Dapat diawasi secara berkala, dimana anda bisa mengawasi sendiri atau anda juga bisa mempekerjakan orang yang dipercaya untuk mengelola rumah kos.
  • Pemasukan cenderung lebih tinggi daripada rumah kontrakan, terlebih jika tersedia berbagai fasilitas berkelas di dalamnya.

Keuntungan Bisnis Kontrakan

  • Masa sewa lebih panjang, di mana rumah kontrakan biasanya disewakan dalam jangka waktu tahunan atau paling pendek 6 bulan.
  • Permintaan akan rumah kontrakan minimalis masih cukup tinggi.
  • Uang sewa lebih besar dan langsung dibayarkan di muka.
  • Kenaikan harga sewa cukup tinggi, mulai dari 5% sampai 15% per tahun, tergantung kondisi ekonomi secara keseluruhan.
  • Pilihan utama bagi keluarga yang baru pindah daerah karena urusan dinas dan lainnya sebelum mendapatkan rumah permanen atau dipindahkan kembali

Kekurangan Bisnis Kontrakan dan Kos-kosan

Namun selain keuntungan, anda juga harus mengingat bahwa dalam bisnis kos-kosan atau kontrakan terdapat kekurangan yang juga harus anda pertimbangkan. Simak kekurangan dari bisnis kos-kosan atau kontrakan sebagai berikut.

Kekurangan Bisnis Kontrakan

  • Pemilik kontrakan harus lebih selektif dalam memilih penyewa.
  • Perlu menyiapkan dana renovasi dalam jumlah besar ketika penyewa tahunan selesai mengontrak, khususnya jika si penyewa tidak bisa dalam merawat rumah.
  • Kontrakan berisiko digunakan untuk hal negatif, seperti dijadikan markas gembong narkoba atau lebih buruknya lagi teroris.

Kekurangan Bisnis kos kosan

  • Pemilik kosan harus rutin menagih uang sewa setiap bulan sekaligus mengecek pembayaran tiap penyewa satu per satu. Hal ini akan menjadi masalah jika ada penyewa yang bandel dan sering telat bayar.
  • Keuntungan sangat bergantung dengan kondisi sekitar, sehingga harus selektif dalam memiliki lokasi yang strategis sebelum membangun kos-kosan.

Tips sebelum Memulai Bisnis Kontrakan atau Kos-kosan

Bagi anda yang berminat terjun dalam bisnis properti seperti kontrakan dan kos-kosan, berikut tips-tips yang harus anda persiapkan sebelum benar-benar memulai bisnis ini yang bisa anda simak dibawah ini.

Melakukan Riset

Melakukan riset sebelum benar-benar terjun ke dunia bisnis properti merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Tentunya, anda harus tahu target pasar dari calon penyewa kontrakan atau kosan. Atau, apabila anda ingin membeli rumah untuk disewakan, anda melakukan riset dengan mencari tahu berapa harga pasaran yang sesuai dengan lokasi dan kualitas properti yang hendak dibeli.

Dengan begitu, anda bisa memperhitungkan berapa keuntungan dan biaya perawatan yang bisa anda dapatkan nantinya sebagai timbal balik dari investasi anda.

Melakukan Perawatan secara Rutin

Pemilik kontrakan atau kos-kosan harus rutin melakukan perawatan terhadap properti yang disewakan. Apabila rumah kontrakan kosong dalam waktu yang lama, anda bisa berkoordinasi dengan pihak keamanan setempat agar hunian tersebut tetap terjaga.

Cek Ulang Pengeluaran Tahunan

Terdapat dua jenis pengeluaran tahunan yang perlu anda perhatikan dengan cermat, yaitu pengeluaran tetap dan pengeluaran tak terduga. Adapun untuk pengeluaran tetap, ada pajak, asuransi, maintenance secara rutin, dan berbagai perbaikan properti yang dibutuhkan.

Sedangkan untuk pengeluaran tak terduga, anda perlu menyiapkan dana darurat jika ada kejadian yang tak diinginkan seperti kerusakan AC, atap bocor, dan lain sebagainya.

Promosikan Properti dengan Cara yang Tepat

Agar bisnis kontrakan dan bisnis kos-kosan anda tetap laris dan berpenghuni yang artinya memberikan keuntungan pasif kepada anda, maka anda harus bisa memanfaatkan semua saluran promosi yang tepat untuk memasarkan bisnis properti anda untuk menjangkau orang-orang yang mencari kos maupun kontrakan.

Jadilah Pemilik Kontrakan yang Baik

Yang terakhir dan mungkin salah satu yang terpenting adalah berusahalah menjadi pemilik kontrakan atau kos yang baik dan menyenangkan agar penghuni kontrakan dan kos anda betah dan nyaman. Dengan begitu, mereka pun akan terus memperpanjang kontrakan mereka tanpa anda harus repot melakukan promosi lagi. Anda hanya cukup fokus pada biaya maintenance dan perawatan bisnis properti anda.

Selain itu, tidak menutup kemungkinan mereka akan menginformasikan kerabat, teman kantor atau kuliah yang juga mencari kos-kosan maupun kontrakan untuk menghubungi anda.

Demikian informasi mengenai peluang bisnis kontrakan atau kos-kosan dan menimbang untung dan ruginya. Semmoga berguna dan bermanfaat.